Ahad 13 Dec 2020 18:07 WIB

3 Cara Membuat Jari Terlihat Lebih Ramping

Hindari alkohol karena dapat menyebabkan retensi air dan pembengkakan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Jari ramping (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Jari ramping (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh tiap orang memiliki kecenderungan berbeda dalam mendistribusikan kelebihan lemak. Pada sebagian orang, salah satu area yang menjadi sasaran tempat penyimpanan kelebihan lemak adalah jari-jemari.

Secara umum, sulit untuk mengurangi kelebihan lemak hanya di satu area tubuh tertentu. Karena itu, bila ingin merampingkan jari yang kelebihan lemak, penurunan berat badan perlu dilakukan secara menyeluruh.

Setidaknya, ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan membuat jari tampak lebih ramping. Berikut ini adalah ketiga hal tersebut, seperti dilansir di Healthline, Ahad (13/12):

1. Pengaturan pola makan

Ada tiga aturan umum terkait pengaturan pola makan atau diet untuk menurunkan berat badan. Pertama, mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi. Kedua, tingkatkan asupan serat dan protein. Ketiga, biasakan makan dalam porsi yang lebih kecil.

Fokuskan pilihan pada jenis-jenis makanan yang kaya akan nutrisi. Beberapa contohnya, sayuran berdaun hijau, makanan yang kaya akan beta karoten, buah yang kaya serat, gandum utuh, daging tanpa lemak, protein nabati, dan lemak sehat.

Selain itu, hindari atau batasi konsumsi gula putih, tepung putih, dan produk-produk gandum yang terlalu banyak diproses. Hindari pula minuman berkalori tinggi dan makanan tinggi garam.

2. Olahraga

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa membantu membuat jari tampak lebih ramping. Salah satunya adalah latihan cengkeraman tangan. Latihan cengkeraman tangan dapat membantu memperkuat pergelangan tangan, lengan atas, dan kekuatan cengkraman.

Latihan cengkeraman tangan bisa dilakukan dengan menggunakan alat latihan cengkraman. Lakukan latihan ini beberapa pekan sekali untuk hasil terbaik.

Cara lainnya adalah latihan dengan karet resistensi. Gunakan karet resistensi yang khusus untuk tangan. Karet resistensi ini dapat membantu meningkatkan kekuatan sekaligus mengencangkan masing-masing jari.

Trik lainnya adalah 'olahraga' jari dengan memainkan alat musik, seperti gitar atau piano. Terapi musik tak hanya dapat melatih tangan dan jari, tetapi juga dapat menstimulasi pada mental.

3. Perubahan gaya hidup

Ada beberapa perubahan gaya hidup sederhana yang dapat membantu jari terlihat lebih ramping. Salah satunya adalah menghindari konsumsi alkohol, karena alkohol dapat menyebabkan retensi air dan pembengkakan.

Kebiasaan berjalan kaki di alam terbuka juga dapat membantu pembakaran kalori dan penurunan berat badan. Selain itu, olahraga ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan inflamasi terkait stres.

Studi pada 2018 menunjukkan bahwa asupan vitamin D dapat membantu penurunan berat badan. Vitamin D bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari atau suplemen. Vitamin D juga diketahui dapat memperbaiki suasana hati.

Sirkulasi darah yang kurang baik juga dapat memperbukur pembengkakan, sehingga membuat jari tampak lebih besar dari seharusnya. Yoga dapat menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki sirkulasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement