Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Faktor Ketua Umum Dinilai Kunci Raihan Golkar di Pilkada

Ahad 13 Dec 2020 09:28 WIB

Red: Muhammad Hafil

Faktor Ketua Umum Dinilai Kunci Raihan Golkar di Pilkada. Foto: ilustrasi pilkada

Faktor Ketua Umum Dinilai Kunci Raihan Golkar di Pilkada. Foto: ilustrasi pilkada

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua umum Golkar dinilai jeli memilih kandidat di Pilkada.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar komunikasi politik, Emrus Sihombing, menyebut Ketua Umum Golkar jeli memilih kandidat di Pilkada 2020. Hal ini berdampak pada kemenangan Golkar di 165 daerah dalam pilkada.

"Kepemimpinan Ketua Umum Partai  Golkar Airlangga Hartarto yang jeli sehingga mampu menyodorkan sosok kader tertentu yang memiliki daya saing tangguh," ujar Emrus, Sabtu (12/12).

Emrus mengatakan, Airlangga mumpuni melakukan supervisi dan mengevaluasi program kandidat. Sehingga program tersebut cocok diimplementasikan di masing-masing daerah.

Selain itu, Emrus juga melihat variabel pendukung dari kandidat yang diusung Golkar. Di antaranya yaitu, popularitas, aseptabilitas, kapabilitas dan daya tarik. Kemudian, kandidat memiliki komunikasi yang persuasif, matang dalam berpolitik, dan diterima masyarakat di daerah pemilihan.

"Ini dilakukan Partai Golkar dan para kader untuk memenangkan Pilkada 2020 yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari ilmu komuniksi politik," kata dia.

Emrus menyebut Golkar bisa menjadi contoh dalam kontestasi politik. Khususnya sebagai model dalam kontestasi pemilu yang akan datang.

"Dan tidak berlebihan jika menjadi rujukan bagi partai lain di Indonesia," kata Emrus.

Baca Juga

 
 

BERITA LAINNYA