Ahad 13 Dec 2020 06:35 WIB

Verstappen Asapi Mercedes untuk Pole Position GP Abu Dhabi

Verstappen satu menit 35,246 detik untuk merebut pole position ketiga dalam kariernya

Pembalap Formula Satu (F1) dari tim Red Bull Max Verstappen saat beraksi di lintasan Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.
Foto: EPA-EFE/FIA/F1 HANDOUT
Pembalap Formula Satu (F1) dari tim Red Bull Max Verstappen saat beraksi di lintasan Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap tim Red Bull Max Verstappen meraih pole position pertamanya musim ini setelah tampil tercepat pada babak kualifikasi balapan pemungkas Formula 1 (F1) di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Sabtu (12/12). Valtteri Bottas akan start dari P2 untuk Mercedes pada balapan Ahad (13/12), setelah finis 0,025 detik dari catatan terbaik Verstappen. Sedangkan juara dunia tujuh tahun Lewis Hamilton akan start P3 setelah absen satu balapan di Sakhir karena terjangkit Covid-19, demikian laman resmi F1.

Duet Mercedes itu nyaris mengunci dua posisi start terdepan. Namun upaya menit-menit terakhir Verstappen memperbaiki catatan waktunya menjadi satu menit 35,246 detik untuk merebut pole position ketiga dalam kariernya dan pertamanya tahun ini.

Baca Juga

Hasil kualifikasi itu juga menjadi yang kedua kalinya bagi Mercedes gagal mengamankan pole position musim ini, dan kali pertama mobil non-Mercedes start terdepan, setelah Lance Stroll dengan mobil Racing Point bermesin Mercedes meraih pole di Turki.

"Sepanjang tahun ketika kalian berada di belakang, semakin dekat dan terkadang sedikit frustrasi. Sangat-sangat senang dengan hari ini," kata Verstappen seperti dikutip Reuters.

Lando Norris mengeklaim hasil kualifikasi terbaiknya musim ini di P4 untuk McLaren. Sang pembalap Inggris bakal start di depan Alex Albon dari tim Red Bull dan rekan satu timnya di McLaren Carlos Sainz.

Posisi start ketujuh ditempati Daniil Kvyat dari tim AlphaTauri, yang mencetak waktu lebih baik dari Lance Stroll dari tim Racing Point, Charles Leclerc dari Ferrari, dan pembalap AlphaTauri lainnya Pierre Gasly, yang melengkapi posisi sepuluh besar.

Leclerc bakal mundur tiga posisi grid karena penalti menyusul insiden senggolan dengan Sergio Perez di GP Sakhir pekan lalu.

Sementara itu, Renault, yang bertarung dengan McLaren dan Racing Point untuk peringkat tiga konstruktor, harus kecewa setelah kedua pembalapnya tereliminasi di Q2. Esteban Ocon hanya mampu mengamankan P11, sedangkan Daniel Ricciardo di P12.

Sebastian Vettel bakal mengawali balapan terakhirnya dengan Ferrari dari P13. Sang juara dunia empat kali asal Jerman itu bakal memperkuat Racing Point yang menjelma sebagai tim Aston Martin tahun depan.

Juara Grand Prix Sakhir Sergio Perez memilih tidak mencetak waktu di Q2 karena dia mendapat penalti posisi start paling belakang karena menggunakan komponen mesin baru yang melebihi alokasi dalam satu musim.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement