Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Usai Pilkada, Calon Bupati Sumba Timur Positif Covid-19

Sabtu 12 Dec 2020 21:48 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

Foto: EPA/CDC
Umbu Lili mengalami panas tinggi dan batuk keras setelah mencoblos.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengungkapkan calon Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali terkonfirmasi positif Covid-19 usai memberikan hak suara pada pilkada 2020 pada Rabu (9/12).  Umbu Lili Pekuwali diketahui terpapar Coviv-19 melalui tes cepat molikuler (TCM) di Rumah Sakit Rara Meha Waingapu.

"Benar sesuai hasil pemeriksaan swab beliau terkonfirmasi positif Covid-19," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Sumba Timur, dr.Chrisnawan Try Haryantana, Sabtu.

Baca Juga

Ia mengatakan, usai melakukan pencoblosan pada Rabu (9/12) Umbu Lili Pekuwali mengalami panas tinggi dan batuk-batuk keras. "Pada malam itu langsung di- swab dan ketika hasilnya positif Covid-19 langsung diisolasi di rumah sakit bersama istrinya untuk mengantisipasi ikut terpapar Covid-19," tegasnya.

Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, selain itu salah seorang tim sukses dari Umbu Lili Pekuwali juga dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Ia berharap masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan kedua pasein selama perhelatan pilkada berlangsung untuk melakukan karantina mandiri.

"Kami pasti tetap melakukan penelusuran kontak erat dengan dua pasien ini, kami juga berharap warga yang pernah kontak erat agar karantina mandiri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama melakukan karantina di rumah," kata Chrisnawan Try Haryantana menambahkan.

Ia juga berharap, masyarakat yang pernah kontak erat untuk selalu menjaga pola makan, berolah raga secukupnya agar sistem imun tetap terjaga dengan baik.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA