Sabtu 12 Dec 2020 19:02 WIB

Kurang Jamaah, Masjid di Malaysia Ini Buka Kapasitas 5 Ribu

Panitia masjid sangat memperhatikan SOP yang telah ditetapkan.

 Kurang Jamaah, Masjid di Malaysia Ini Buka Kapasitas 5 Ribu. Kubah Masjid Al-Kautsar, Tawau, Malaysia.
Foto: www.molon.de
Kurang Jamaah, Masjid di Malaysia Ini Buka Kapasitas 5 Ribu. Kubah Masjid Al-Kautsar, Tawau, Malaysia.

IHRAM.CO.ID,TAWAU -- Masjid Al-Kautsar di kota Tawau di negara bagian Sabah, Malaysia, siap membuka kapasitas menjadi 5.000 jamaah, sesuai dengan kapasitas yang diperbolehkan untuk sholat Jumat. Ketua masjid, Khalid Mohd Tahir, mengatakan masjid ini siap menerima kapasitas tersebut karena kurangnya jamaah yang mengikuti sholat Jumat kemarin Jumat (11/12).

Padahal, pemerintah negara bagian telah mengizinkan kegiatan di masjid-masjid dan surau dilanjutkan selama masa Perintah Pengendalian Gerakan Bersyarat (CMCO), selama itu dilaksanakan sesuai SOP yang ditetapkan. Mohd Tahir mengatakan, manajemen masjid tidak mempermasalahkan dengan jumlah maksimal jamaah tersebut pada pelaksanaan sholat Jumat pekan depan.

"Panitia masjid sangat memperhatikan SOP yang telah ditetapkan. Kami juga mematuhi aturan jarak fisik dua meter yang ditetapkan untuk anggota jamaah," kata Mohd Tahir kepada Bernama, dilansir Sabtu (12/12).

Pengamatan Bernama menemukan bahwa orang-orang mulai memasuki kompleks masjid Al-Kautsar pada pukul 10.00 untuk sholat Jumat kemarin, sebelum mendaftar dengan aplikasi MySejahtera atau secara manual dan mengukur suhu tubuh mereka.

 

Kapasitas sebenarnya Masjid Al-Kautsar ialah 17.000 jamaah pada satu waktu. Namun menurut SOP terbaru, jumlah jamaah yang diizinkan dalam sholat lima waktu di masjid-masjid dan surau untuk semua zona di negara bagian Sabah ialah sepertiga dari kapasitas aula. 

sumber : Kiki Sakinah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement