Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

AS Luncurkan Roket untuk Sistem Mata-Mata

Jumat 11 Dec 2020 22:00 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Peluncuran roket ke luar angkasa (ilustrasi).

Peluncuran roket ke luar angkasa (ilustrasi).

Foto: AFP
Roket Delta IV Heavy membawa pesawat ruang angkasa NROL-44 untuk tujuan mata-mata

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Penyedia layanan peluncuran pesawat ruang angkasa Aliansi Peluncuran Amerika Serikat (ULA) mengatakan, roket Delta IV Heavy, telah diluncurkan dengan sukses ke luar angkasa, Jumat (11/12). Roket Delta IV Heavy membawa pesawat ruang angkasa NROL-44 untuk Kantor Pengintaian Nasional AS (NRO). Pesawat ini akan mengoperasikan satelit mata-mata Washington.

Roket itu lepas landas dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di negara bagian Florida pada pukul 20.09 waktu setempat pada Kamis (10/12). Peluncuran pesawat luar angka itu awalnya akan dijadwalkan lepas landas pada 26 Agustus. Namun, peluncuran harus ditunda karena masalah dalam sistem pengaturan dan infrastruktur landasan peluncurannya.

Dikutip dari Anadolu Agency, ULA mengatakan roket Delta IV Heavy memberikan misi prioritas tinggi untuk Angkatan Luar Angkasa AS, NRO, dan NASA. Pesawat ruang angkasa NROL-44 yang diklasifikasikan adalah bagian dari misi untuk kantor pengintaian yang mengoperasikan satelit mata-mata pemerintah AS. Alasan ini membuat tujuannya tidak diungkapkan kepada publik.

Menurut organisasi advokasi sains nirlaba Union of Concerned Scientists, AS diperkirakan memiliki 154 satelit militer yang mengorbit Bumi, termasuk setidaknya 49 satelit NRO. Lembaga tersebut bertugas memantau aktivitas satelit dan menerbitkan database publik.


sumber : https://www.aa.com.tr/en/americas/us-rocket-launches-secret-spy-satellite-into-space/2073637
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA