Jumat 11 Dec 2020 21:48 WIB

Diminta 'Pulang' oleh City, Douglas Luiz Santai

Luiz jadi andalan Villa sejak dilego City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Aston Villa Douglas Luiz (kiri).
Foto: AP/Julian Finney/Pool Getty
Pemain Aston Villa Douglas Luiz (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Penampilan impresif Douglas Luiz selama memperkuat Aston Villa membuat Manchester City digadang-gadang berniat merekrut kembali gelandang asal Brasil tersebut. Terlebih, City memiliki opsi pembelian kembali saat melepas gelandang berusia 22 tahun ke Villa pada 2019 silam.

Pada saat itu, City rela melepas Luiz dengan banderol transfer mencapai 15 juta poundsterling. Namun, salah satu klausul dalam kontrak kepindahan Luiz ke Villa itu menyebutkan, City memiliki hak untuk merekrutnya setelah dua tahun memperkuat Villa. Klausul inilah yang kabarnya bakal diaktifkan The Citizen pada bursa transfer awal musim depan. 

Keinginan City ini tidak terlepas dari performa apik Luiz selama berseragam Villa. Pada musim lalu, Luiz sukses membawa Villa bertahan di pentas Liga Primer Inggris. Bahkan, mantan pemain Vasco Da Gama itu merupakan pemain andalan pelatih Dean Smith untuk mengawal lini tengah Villa. 

Luiz tercatat hanya absen di dua laga di sepanjang gelaran Liga Primer Inggris musim lalu. Pun di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Luiz tercatat tidak pernah absen dan selalu menjadi starter di 10 partai yang telah dilakoni Villa. 

Di sisi lain, City tengah mencari gelandang baru yang dipersiapkan untuk menjadi pengganti Fernandinho, yang telah berusia 35 tahun. Salah satu pemain yang dianggap paling sesuai untuk melakoni tugas ini adalah Luiz. Kendati berposisi asli sebagai gelandang tengah, tapi Luiz juga dikenal piawai ditempatkan sebagai gelandang bertahan, posisi yang biasa dilakoni Fernandinho di tim besutan Pep Guardiola tersebut.

Luiz pun mengetahui soal adanya klausul pembelian kembali oleh City di kontraknya bersama Villa. Kendati begitu, pemain yang baru mencatat tiga caps bersama timnas Brasil itu tidak mau rumor kepindahannya ke City mengganggu performanya di atas lapangan. Fokus utamanya adalah menampilan performa terbaik di atas lapangan.

''Saya tahu ada klausul tersebut. Namun, saya hanya berusaha melakukan tugas saya di atas lapangan. Apa yang dikatakan orang tentang hal itu biarlah tetap di luar lapangan. Saya akan menyerahkan semua hal ini kepada keluarga dan agen saya. Mereka memainkan tugasnya di luar lapangan, sementara saya melakukan tugas saya di atas lapangan,'' kata Luiz kepada ESPN Brazil seperti dilansir Birmingham Live, Jumat (11/12).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement