Jumat 11 Dec 2020 20:40 WIB

Video Pembantaian di Perbatasan Armenia-Azerbaijan Diungkap

Amnesti Internasional telah memverifikasi video yang menunjukkan pemenggalan tawanan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Christiyaningsih
Seorang wanita melihat keluar jendela rumah apartemen setelah penembakan oleh artileri Azerbaijan, Stepanakert, Nagorno-Karabakh
Foto: DAVID GHAHRAMANYAN / NKR INFOCEN/NKR INFOCENT
Seorang wanita melihat keluar jendela rumah apartemen setelah penembakan oleh artileri Azerbaijan, Stepanakert, Nagorno-Karabakh

REPUBLIKA.CO.ID, NAGORNO-KARABAKH -- Pasukan Azerbaijan dan Armenia melakukan kejahatan perang selama pertempuran baru-baru ini di Nagorno-Karabakh. Amnesti Internasional telah memverifikasi video yang menunjukkan pemenggalan tawanan dan penodaan mayat pasukan lawan.

Amnesti Internasional menganalisis 22 video yang menggambarkan eksekusi di luar hukum, penganiayaan terhadap tawanan perang dan tawanan lainnya, serta penodaan mayat tentara musuh.

Baca Juga

Dilansir situs resmi Amnesti Internasional pada Jumat (11/12) disebutkan dua video menunjukkan eksekusi di luar hukum dengan pemenggalan kepala oleh anggota militer Azerbaijan. Sementara video lain menunjukkan pemotongan leher seorang penjaga perbatasan Azerbaijan yang menyebabkan kematiannya.

Video tersebut dibagikan di akun dan grup Telegram pribadi dalam tiga pekan terakhir. Lab Bukti Krisis Amnesti Internasional menggunakan teknik verifikasi digital untuk mengonfirmasi keaslian video tersebut.

"Selama pertempuran Nagorno-Karabakh baru-baru ini, anggota militer di kedua belah pihak telah berperilaku buruk, menunjukkan pengabaian sepenuhnya terhadap aturan perang," kata Denis Krivosheev, Direktur Riset Amnesti Internasional untuk Eropa Timur dan Asia Tengah.

Investigasi Amnesti Internasional telah mengautentikasi rekaman tersebut sebagai asli. Uji teknis yang dilakukan pada video tersebut menunjukkan bahwa file tersebut tidak dimanipulasi. Rincian cedera juga diverifikasi secara independen oleh ahli patologi forensik eksternal.

Salah satu video dari insiden pertama menunjukkan sekelompok pria berseragam militer Azerbaijan menahan seorang pria yang sedang berjuang, sementara tentara lain memenggalnya dengan pisau.

Algojo dapat dikenali sebagai tentara Azerbaijan berdasarkan jenis kamuflase seragamnya, bendera Azerbaijan di pundaknya, dan tambalan bergolongan darah di lengan bajunya, sebagaimana standar di antara prajurit Azerbaijan.

Dalam video kedua dari insiden pertama, kepala korban ditempatkan di dekat bangkai babi. Orang-orang itu berbicara dalam bahasa Azerbaijan.

Mikrofon kamera menangkap mereka yang sedang berbicara kepada korban dengan komentar seperti "Kamu tidak memiliki kehormatan, inilah cara kami membalas dendam atas darah para martir kami" dan "Inilah cara kami membalas dendam, dengan pemotongan kepala". Sumber telah mengonfirmasi kepada Amnesti Internasional bahwa korban adalah warga sipil Armenia.

Video dari insiden kedua menunjukkan dua pria yang mengenakan seragam yang sesuai dengan militer Azerbaijan, termasuk bendera Azerbaijan yang jelas di bahu kanan satu orang dan helm 'potong' yang biasanya disediakan untuk pasukan operasi khusus. Korbannya adalah seorang pria tua berpakaian sipil, yang terjepit di tanah. Dia difilmkan memohon belas kasihan, berulang kali berkata "Demi Allah, aku mohon".

Pria itu berbicara dalam bahasa Azerbaijan, tetapi ia tidak memiliki logat Azerbaijan. Amnesti Internasional yakin dia kemungkinan besar adalah penduduk Armenia di Nagorno-Karabakh.

Salah satu pria terdengar berkata "Ambil yang ini" dan menyerahkan pisau ke pria lainnya, yang mulai secara brutal memotong leher pria yang lebih tua itu sebelum video tiba-tiba berakhir.

Krivosheev mengatakan baik otoritas Azerbaijan dan Armenia harus segera melakukan investigasi independen dan tidak memihak dan mengidentifikasi semua yang bertanggung jawab. "Para pelaku, serta setiap komandan yang memerintahkan, mengizinkan, atau memaafkan kejahatan ini, harus diadili," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement