Jumat 11 Dec 2020 18:52 WIB

Tafsir At-Taghabun: Saat Manusia Dikumpulkan di Hari Kiamat

Umat manusia akan dikumpulkan oleh Allah SWT di hari kiamat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Tafsir At-Taghabun: Saat Manusia Dikumpulkan di Hari Kiamat. Hari Kiamat (Ilustrasi)
Tafsir At-Taghabun: Saat Manusia Dikumpulkan di Hari Kiamat. Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran Surat At-Taghabun ayat sembilan menjelaskan umat manusia akan dikumpulkan oleh Allah SWT di hari kiamat. Allah SWT akan menunjukkan kesalahan dan kebaikan yang pernah diperbuat manusia semasa hidupnya di dunia. Pada saat itu tidak ada manusia yang lolos dari kesalahannya. 

Mereka yang banyak berbuat salah, tidak menjalankan perintah Allah SWT, dan tidak menjauhi larangan Allah SWT akan sangat merugi. Sementara mereka yang beriman kepada Allah SWT akan diampuni dosa-dosanya dan dimasukkan ke dalam surga.

Baca Juga

"(Ingatlah) hari (di mana) Allah mengumpulkan kamu pada hari pengumpulan, itulah hari dinampakkan kesalahan-kesalahan. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan beramal shaleh, niscaya Allah akan menutupi kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar." (QS At-Taghabun: 9).

Kementerian Agama Arab Saudi menafsirkan QS At-Taghabun ayat sembilan seperti berikut ini.

"Hai para hamba, Allah akan mengumpulkan kalian pada hari kiamat, itulah hari terlihatnya kerugian orang kafir karena telah mendustakan para Rasul, dan kerugian orang beriman karena banyak menyia-nyaikan kesempatan dalam mentaati Allah. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan mengakui keesaan-Nya, dan menjalankan hukum-hukum-Nya, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya dan memasukkannya ke dalam surga-surga yang indah.

Di surga-surga yang indah, di dalamnya terdapat sungai-sungai yang mengalir di bawah istana dan pepohonannya, mereka akan kekal di dalamnya. Kedudukan yang mulia ini merupakan kemenangan besar yang sesungguhnya."

Pakar fikih dan tafsir Suriah, Syekh Profesor Wahbah az-Zuhaili menafsirkan QS At-Taghabun ayat sembilan seperti ini. 

"Dan ingatlah wahai manusia pada hari Allah kumpulkan makhluk yang pertama dan yang terakhir untuk dihisab dan dibalas dalam satu tempat. Ketahuilah bahwa itu adalah hari Taghabun yang menampakan debu orang yang bermaksiat serta kerugian atas mereka dengan sebab meninggalkan keimanan.

Maka barangsiapa yang hari itu datang dengan membenarkan Allah dan Rasul-Nya serta kitab-Nya, dan beramal dengan amalan shalih. Maka sungguh Allah hapuskan keburukan yang ia lakukan di dunia, dan Allah akan masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawah istana dan pepohonannya sungai-sungai, kekal selama-lamanya, tidak akan keluar darinya selamanya, dan itulah kemenangan yang tidak ada kemenangan seabadi itu."

Mudarris tafsir Universitas Islam Madinah, Syekh Muhammad Sulaiman Al Asyqar menafsirkan QS At-Taghabun ayat sembilan seperti ini. 

"Ingatlah wahai Nabi dan setiap orang yang berbicara. Ingatlah terhadap hari di mana Allah mengumpulkan kalian pada hari kiamat. Seluruh makhluk di dalamnya dari malaikat, manusia dan jin dikumpulkan untuk dihisab dan dibalas. 

Itu adalah hari yang dipenuhi kelupaan dan kebingungan akibat teror yang sangat besar. Itu adalah hari penyesalan dan kesalahan di mana ditampakkan di dalamnya kesalahan orang kafir karena meninggalkan keimanan, dan kesalahan orang mukmin karena sedikit melakukan kebaikan. 

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat dan mengerjakan amal shalih yaitu apa yang diperintahkan oleh Allah, Maka Allah akan menghapus dosa-dosanya. Kemudian memasukkannya ke dalam surga-surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai di bawah rumah-rumah dan taman-tamannya. Mereka tinggal di dalalamnya selama-lamanya. Keberhasilan mencapai surga itu adalah keberhasilan yang tidak dapat disamai oleh keberhasilan apa pun."

https://tafsirweb.com/10953-quran-surat-at-taghabun-ayat-9.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement