Jumat 11 Dec 2020 17:44 WIB

Potensi Ekspor, Pemkot Semarang Kembangkan Porang

Pemkot Semarang akan mengembangkan tanaman porang di lahan tidur.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fuji Pratiwi
 Porang. Semarang melepas ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan, berupa porang ke Vietnam.
Foto: istimewa
Porang. Semarang melepas ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan, berupa porang ke Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang, Jawa Tengah  mendorong pengembangan porang melihat potensi ekspor komoditas tersebut. 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang, Jawa Tengah Hernowo mengatakan, komoditas porang menjadi salah satu komoditas yang banyak diminta pasar internasional. Makanya, bimbingan teknis akan membantu para petani porang untuk menangkap pasar ekspor yang sangat terbuka tersebut.

Baca Juga

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang juga akan mengembangkan tanaman porang di lahan tidur maupun lahan yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh petani di wilayah Kota  Semarang. "Sehingga, nantinya akan mampu mendorong nilai ekspor komoditas pertanian dan perkebunan bagi daerah," kata Hernowo.

Karantina Pertanian Semarang, Jawa Tengah bersama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang melepas ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan, berupa porang ke Vietnam. Ekspor ini dilaksanakan di gudang pemrosesan salah satu perusahaan (PT JSKSM), di lingkungan Kelurahan Sumur Jurang, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang.

 

Kepala Karantina Pertanian Semarang, Parlin Robert Sitanggang mengatakan, selain Karantina Pertanian Semarang, ekspor komoditas pertanian subsektor perkebunan juga dilakukan serentak dari pelabuhan dan bandara di 21 wilayah di Indonesia, dalam menyambut Harbunas 2020 kali ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement