Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Peduli Uighur, Griezmann Akhiri Kerja Sama dengan Huawei

Jumat 11 Dec 2020 17:28 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Mengambil tindakan konkret secepat mungkin untuk mengutuk penindasan massal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepedulian terhadap kondisi Muslim Uighur kembali ditunjukkan oleh pesebakbola internasional. Kali ini giliran striker Barcelona Antoine Griezmann yang mengambil sikap lebih jauh dari sekedar pernyataan.

Striker Timnas Prancis ini telah mengakhiri hubungan kerjasama dengan produsen asal China Huawei. Keputusan itu dilatari karena adanya penindasan terhadap populasi Muslim Uighur di negara tersebut.

Huawei memulai sponsorship mereka dengan penyerang Barcelona tak lama sebelum Piala Dunia 2018, yang dimenangkan oleh Prancis. Setelah itu, prmain asal Prancis itu telah berpartisipasi dalam berbagai kampanye iklan untuk produk perusahaan.

"Menyusul kecurigaan kuat bahwa Huawei dapat berkontribusi pada pengembangan 'peringatan Uighur' melalui program pengenalan wajah, saya mengumumkan bahwa saya akan segera mengakhiri kolaborasi saya dengan perusahaan ini," tulis Griezmann di akun Instagram-nya.

"Saya mengambil kesempatan ini untuk mengundang Huawei untuk tidak hanya menyangkal tuduhan ini tetapi untuk mengambil tindakan konkret secepat mungkin untuk mengutuk penindasan massal ini, dan menggunakan pengaruhnya untuk berkontribusi pada penghormatan hak asasi manusia di masyarakat,” katanya dilansir laman Jumat (11/12).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA