Jumat 11 Dec 2020 15:56 WIB

Tabriz Pasar Tertua di Jalur Sutra

tabriz menjadi ibu kota Iran dalam banyak periode sejarah

Tabrik kota di Iran yang punya pasar tertua di Jalur Sutra.
Foto: google.com
Tabrik kota di Iran yang punya pasar tertua di Jalur Sutra.

IHRAM.CO.ID, -- Tabriz adalah ibu kota Provinsi Azerbaijan Timur di barat laut Republik Islam Iran. Tabriz telah menjadi ibu kota Iran dalam banyak periode sejarah.

Arg Tabriz (Benteng Tabriz) yang berusia 700 tahun, Kompleks Bazar Tabriz, Masoleum of Poets, serta banyak museum dan taman di seluruh kota Tabriz, di antara tempat wisata utama kota ini. Oleh karena itu, Tabriz disebut sebagai tujuan wisata top di Iran.

Di sudut kota Tabriz, berdiri megah sebuah pasar indoor terbesar di dunia, Bazar Tabriz namanya. Diperkirakan koridor tersebut panjangnya 5,5 km dipenuhi pedagang yang menjual beraneka macam barang mulai dari kaligrafi, kain, aneka buah-buahan hingga karpet.

Koridor-koridor ini menghubungkan satu area ke area yang lain. Namun setiap barang dikelompokkan dalam bagian sendiri. Jadi, bagi yang ingin mencari karpet harus datang ke bagian karpet. Di sana ada banyak jajaran toko yang memajang karpet tebal dan sangat indah.

Menurut catatan sejarah, Bazar Tabriz merupakan pasar tertua di Timur Tengah yang sudah ada sejak abad ke-13 dan menjadi salah satu tempat komersial paling penting di Jalur Sutera.

Tanggal 4 Agustus di kalender Iran adalah hari jadi kota Tabriz.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement