Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Leicester dan Braga Mantapkan Posisi di Dua Teratas Grup G

Jumat 11 Dec 2020 06:34 WIB

Red: Israr Itah

Aksi pemain Leicester City Harvey Barnes (kanan) menembus pertahanan AEK Athens di Liga Europa. Barnes menyumbang satu gol dalam kemenangan Leicester 2-0 atas AEK.

Aksi pemain Leicester City Harvey Barnes (kanan) menembus pertahanan AEK Athens di Liga Europa. Barnes menyumbang satu gol dalam kemenangan Leicester 2-0 atas AEK.

Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Leicester memuncaki Grup G dengan keunggulan agregat atas Braga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Leicester City dan Braga menutup fase grup Liga Europa dengan kemenangan identik 2-0 dalam rangkaian laga pemungkas Grup G yang berlangsung Jumat (11/12) dini hari WIB. Kedua tim memantapkan posisi di dua besar setelah pekan lalu memastikan lolos ke babak 32 besar.

Leicester yang menjamu AEK Athens di Stadion King Power menang 2-0 berkat dua gol yang mereka cetak dalam 14 menit pertama pertandingan. Sayap pinjaman dari AS Roma, Cengiz Under, membuka keunggulan Leicester dengan sebuah tembakan voli menyambut umpan silang kiriman Youri Tielemans pada menit ke-12.

Baca Juga

Dua menit berselang Leicester langsung menggandakan keunggulan mereka lewat Harvey Barnes. Ia mengejar umpan lambung dengan tepat dan kemudian bermanuver sebelum melepaskan tembakan. Bola berbelok karena mengenai bek Ionut Nedelcearu sehingga mengecoh kiper Panagiotis Tsintotas.

Leicester sebetulnya terus membombardir pertahanan tamunya dengan sedikitnya 14 percobaan tembakan lagi, tetapi tak satu pun berbuah gol dan skor 2-0 bertahan hingga aba-aba bubaran.

Dalam laga lain yang berlangsung di Stadion Municipal de Braga, Portugal, tuan rumah mampu menang berkat dua gol cepat yang mereka cetak di pertengahan babak kedua ke gawang Zorya Luhansk. Braga awalnya berkesempatan membuka keunggulan pada menit ke-56 melalui Joao Novais, tetapi eksekusi tendangan bebasnya masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-61, Braga akhirnya memecahkan kebuntuan ketika tembakan Wenderson Galeno membentur Joel Abu Hanna dan bersarang menjadi gol bunuh diri Zorya. Tujuh menit kemudian, Ricardo Horda menyelesaikan umpan Iuri Medeiros untuk menggandakan keunggulan tuan rumah.

Hasil-hasil itu membuat Leicester mengunci posisi puncak klasemen akhir Grup G berbekal keunggulan agregat atas Braga kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 13 poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sedangkan Zorya finis di urutan ketiga dengan nilai enam. AEK menjadi juru kunci dengan koleksi hanya tiga poin.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA