Jumat 11 Dec 2020 05:57 WIB

Muslim Turki Pencetus Vaksin Halal Covid-19 Pfizer BioNTech

Ilmuwan Muslim Turki Ugur Sahin menemukan vaksin halal Covid-19

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Nashih Nashrullah
CEO BioNTech Ugur Sahin selepas menerima penghargaan Mustafa Prize pada 2019.
Foto: mustafaprize.org
CEO BioNTech Ugur Sahin selepas menerima penghargaan Mustafa Prize pada 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, Pada 11 November 2019 lalu, di Teheran, Iran, digelar helatan yang tak biasa. Perwakilan dari sedikitnya 30 negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) hadir kala itu. Kali ini bukan politikus, melainkan para ilmuwan. Ratusan jumlahnya. Datang dari ratusan lembaga penelitian dan sekitar 200 universitas dari negara-negara mayoritas Muslim.

Acaranya kala itu penganugerahan Mustafa Prize, penghargaan yang disebut oleh Science Journal sebagai penghargaan Nobelnya umat Islam. Diberi nama merujuk salah satu panggilan Rasulullah SAW, penganugerahan itu bernilai total 500 ribu dolar AS bagi ilmuwan Muslim terpilih di manapun mereka berkarya. Dari Indonesia, pesertanya kala itu Profesor Gunawan Indrayanto, seorang ahli farmasi di bidang kimia organik, bioteknologi, dan biomedis di Universitas Airlangga Surabaya.

Associated Press melansir, pada 2019 pemenangnya lima orang sekaligus. Salah satunya Ugur Sahin, seorang peneliti yang lahir di Turki, tapi menjalani karier akademisinya di Jerman.

Kala itu, Ugur Sahin (55 tahun) terpilih sehubungan penelitiannya terkait imunoterapi penyakit kanker secara individual. Ia melakukan terobosan dan berhasil mencapai tahapan uji klinis vaksin berbasis mRNA yang dibangun seturut profil mutasi sel kanker pada masingmasing pasien.

"Gagasannya, ada sel-sel dalam sistem imun tubuh kita yang pada dasarnya mampu men deteksi sel kanker dan membunuhnya," ujarnya dalam video pengantar menjelang penganugerahan Mustafa Prize, dalam laman Facebook lembaga tersebut. Ia mengerjakan penelitian berbiaya mahal itu bersama istrinya, Özlem Türeci.

Kala itu, Ugur menyatakan sangat bangga mendapat penghargaan tersebut. "Ini menarik dan saya merasa bangga bahwa ada komite yang menganugerahkan penghargaan semacam ini untuk warga negara Islam," kata dia. "Ada semiliar lebih Muslim di planet ini dan ternyata komite ini bisa melacak kerja-kerja kami di Jerman dan menghargai apa yang kami lakukan," kata dia melanjutkan.

Namun, penghargaan yang lebih besar barangkali menanti Ugur Sahin. Terlebih, karena belakangan metode vaksinasi kanker yang ia gagas bersama istrinya ternyata bisa jadi landasan membangun vaksin untuk Covid-19, penyakit yang sedemikian mengobrak-abrik tata dunia belakangan ini.

Pada Senin (9/11), BioNTech, perusahaan yang didirikan Ugur dan Özlem Türeci pada 2008 dan didanai Pfizer, mengumumkan bahwa vaksin yang mereka kembangkan terbukti efektif 90 persen mencegah Covid-19. Hal ini diumum kan seusai vaksin tersebut selesai melalui pengujian tahap tiga.

Pengumuman tersebut adalah yang pertama kalinya terkait hasil uji coba vaksin virus korona skala besar. Jika klaim itu terbukti, akan menjadi tero bosan besar dalam upaya mengatasi pan demi virus korona.

"Kami harus optimistis, dampak imunitas dapat bertahan setidaknya selama satu tahun," kata Ugur Sahin yang juga menjabat sebagai CEO BioNTech dilansir Reuters.

Kisah perusahaannya mengembangkan vaksin Covid-19 bermula pada Januari 2020. Saat itu Sahin membaca jurnal sains tentang pandemi di Wuhan dan menyadari betapa kecilnya langkah mengalihkan obat kanker berbasis mRNA menjadi vaksin virus berbasis mRNA.

BioNTech yang mempekerjakan 1.300 orang langsung mengalihkan sumber daya mereka. Laman the Guardian melaporkan, kala itu Sahin memperkirakan bahwa sekolah dan kampus di Kota Mainz, tempat mereka beroperasi, akan ditutup pada April.

Sebab itu, Sahin mengebut pengerjaan vaksin. Proyek itu lalu dinamai "Lightspeed"alias "Kecepatan Cahaya". Pada Maret, Pemerintah Jerman kemudian menerapkan karantina wilayah seturut parahnya penularan. Saat itu, BioNTech sudah memiliki 20 kandidat vaksin yang kemudian diuji dengan melibatkan 500 peneliti.

Jika nantinya vaksin yang mereka kembang kan benar-benar berhasil, betapa ia menambah keajaiban pada kisah Sahin dan Özlem yang sudah luar biasa. Dan menariknya, belum lama ini sejumlah ulama di Inggris, merujuk pada rekomendasi medis, mengeluarkan fatwa halal Pfizer BioNTech.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement