Kamis 10 Dec 2020 23:10 WIB

Janji Manusia ke Allah SWT Usai Diciptakan di Alam Roh

Allah SWT menciptakan manusia di alam roh

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT menciptakan manusia di alam roh. Ilusras manusia
Foto: republika/prayogi
Allah SWT menciptakan manusia di alam roh. Ilusras manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Manusia terdiri atas jasad dan roh atau jiwa. Sebelum manusia dilahirkan ke dunia, Allah SWT telah menciptakan roh-roh dari seluruh manusia di muka bumi di suatu alam yang bernama alam roh. 

Di alam inilah, roh tersebut mengucapkan sumpah kepada Allah. Sumpah ini diabadikan Allah dalam surat Al-A'raf ayat 172: 

Baca Juga

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا "Dan ingatlah ketika tuhanmu mengeluarkan dari sulbi tulang belakang anak cucu Adam keturunan mereka adalah mengambil kesaksian terhadap roh mereka seraya berfirman "Bukankah Aku ini tuhanmu mereka menjawab betul engkau Tuhan kami kami bersaksi...."

Maharani dalam bukunya "Kesalahan Persepsi dalam Al-Qur'an" mengatakan, ketika seorang ibu mengandung, Allah menghembuskan satu arah kepada janin yang dikandungnya. Dari Abdullah bin Masud ra Rasulullah SAW bersabda.  

"Sesungguhnya setiap kamu dibentuk di perut ibunya selama 40 hari kemudian berbentuk alaqah seperti itu juga, kemudian menjadi mudhghah seperti itu juga. Kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan roh dan menetapkan empat masalah...” (HR Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi). 

Setelah usia kandungan mencapai kira-kira sembilan bulan, lahirlah seorang anak manusia ke dunia rumah wujudnya sudah komplek berupa jasad dan roh (jiwa).  

Maharani menegaskan, bahwa alam dunia pada hakikatnya adalah alam persinggahan semata, alam ujian. Di alam ini seluruh manusia akan diuji. Apakah taat kepada aturan Allah dan rasulnya atau tidak.  

Bila taat, kata dia, manusia itu akan mendapat pahala dan bila membangkang akan mendapatkan dosa. Allah berfirman: 

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا "Sesungguhnya kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya untuk kami menguji mereka siapakah di antara yang terbaik perbuatannya."( QS Al-Kahfi: 7) 

“Dan kami pastikan akan menguji kamu "engan sedikit ketakutan, kelaparan kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. "Surat al-Baqarah ayat 155). "Jadi hidup di dunia bukanlah untuk bersenang-senang," katanya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement