Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Pilkada Tangsel, Saraswati: Pertarungan Pilkada Telah Usai

Jumat 11 Dec 2020 00:40 WIB

Rep: Eva Rianti / Red: Andi Nur Aminah

Muhammad dan Rahayu Saraswati

Muhammad dan Rahayu Saraswati

Foto: Dok Istimewa
Tidak perlu malu maupun mencari kesalahan atas hasil akhir pilkada ini.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan nomor urut satu, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengakui keunggulan rivalnya dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Tangsel 2020. Berdasarkan hasil perhitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei serta perhitungan sementara KPU, Muhamad-Saraswati berada di posisi kedua, kalah dari paslon nomor urut tiga Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan. 

"Kini pertarungan Pilkada telah selesai. Kita tidak perlu malu maupun mencari kesalahan atas hasil akhir ini," ujar Saraswati di kawasan Serpong, Tangsel, Banten, Kamis (10/12). 

Baca Juga

Menurut Saraswati, dia bersama Muhamad dan seluruh tim pemenangan sudah berusaha keras dalam menjalankan rangkaian kontestasi Pilkada Tangsel dari awal hingga penghujung. Dia mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberi dukungan sepanjang melewati agenda Pilkada. 

"Dari lubuk hati paling dalam saya ingin menyampaikan terima kasih saya kepada semua jaringan relawan dan juga partai koalisi yang hebat. Dalam beberapa bulan ini kita telah lakukan dan kita telah menyerahkan segalanya," ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Muhamad juga mengakui kenyataan yang terjadi bahwa dia tidak berada di posisi unggul dalam perhitungan suara Pilkada Tangsel 2020. "Untuk hasil kami sudah akui. Realita seperti itu," ujar dia. 

Meski demikian, Muhammad mengatakan akan tetap menanti hasil perhitungan suara yang resmi dari KPU. "Namun hasilnya, penetapannya kami serahkan kepada KPU, kami menunggu hasil akhir perhitungan KPU karena itu lembaga yang legalitasnya untuk Pilkada," terangnya. 

Diketahui, berdasarkan pemantauan perhitungan suara dari laman KPU, yakni pilkada2020.kpu.go.id pada Kamis (10/13) pukul 16.44 WIB, hasil hitung cepat mencatatkan paslon nomor urut satu Muhamad-Saraswati memperoleh suara sebesar 35,1 persen. Untuk paslon nomor urut dua Siti Nur Azizah-Ruhamaben hanya memperoleh suara 23,9 persen. Sementara itu, kemenangan Pilkada Tangsel 2020 sementara diraih oleh paslon nomor urut tiga Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dengan perolehan suara sebesar 41 persen.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler