Jumat 11 Dec 2020 02:15 WIB

Satgas Covid-19 Cirebon: Kasus Turun karena Pengurangan Tes

Pengurangan tes usap massal menjadi salah satu sebab penurunan kasus Covid-19

Red: Nur Aini
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Nanan Abdul Manan mengatakan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa hari menurun diakibatkan pengurangan kebijakan tes usap massal.

"Adanya pengurangan kebijakan tes usap massal menjadi salah satu sebab penurunan kasus terkonfirmasi positif," kata Nanan di Cirebon, Kamis (10/12).

Baca Juga

Nanan mengatakan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon setelah ada kebijakan tes usap massal melonjak, bahkan penambahan kasus per hari lebih dari 100 orang. Namun, setelah kebijakan tes usap itu dikurangi, maka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon dalam beberapa hari ini terus menunjukkan penurunan, dan bahkan rerata per hari di bawah 50 kasus.

"Pada hari ini saja yang terkonfirmasi tercatat 32 orang," katanya.

Dia menambahkan selain adanya pengurangan tes usap masal, penurunan kasus juga bisa terjadi karena tes kontak erat hasilnya negatif. Menurutnya, saat ini Satgas lebih fokus melakukan tes usap kepada kontak erat kasus terkonfirmasi sebelumnya, agar bisa memutus rantai penularan.

"Mungkin pelacakan dari kontak erat dengan yang terpapar hasilnya banyak yang negatif. Dan kami juga lebih fokus tes usap kepada kontak erat saja," kata Nanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement