Jumat 11 Dec 2020 06:10 WIB

7 Minuman Sehat Ini Direkomendasikan untuk Dikonsumsi

Banyak orang belum menyadari pentingnya minuman sehat untuk jaga daya tahan tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi minuman sehat
Foto: Pixabay/StockSnap
Foto: ilustrasi minuman sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya mengatur pola makan dan berolahraga, mengonsumsi minuman yang sehat sama pentingnya demi menjaga daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi Covid-19. Namun, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya minuman dalam menjaga tubuh agar tetap sehat.

Untuk mendapatkan minuman sehat, tidak harus mencarinya sehingga sulit didapat. Namun, mulailah mencoba menikmati minuman yang mudah ditemukan di rumah atau lingkungan sekitar.

Baca Juga

Seperti dikutip dari laman Eatthis, Kamis (10/12), berikut tujuh minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi, merangkum saran dari dari pakar.

Kopi

Sebuah meta-analisis tahun 2018 menyimpulkan bahwa konsumsi kopi kemungkinan tidak terkait risiko diabetes tipe 2. Kafein dalam kopi sangat bagus untuk menyemangati hari dan membantu fokus seseorang.

“Kafein bahkan dapat memberi keunggulan saat berolahraga jika dikonsumsi sebelum berolahraga," kata Amanda A Kostro Miller, RD, LDN, ahli nutrisi.

Air putih

Minum air putih sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat mempengaruhi tingkat energi, mood, bahkan daya ingat. Air yang cukup juga membantu mencegah sembelit dan batu ginjal. Jika tidak suka air putih, bisa mencoba cara dengan menambahkan rasa seperti perasan lemon, irisan jeruk, atau mint.

“Air hangat dengan lemon sama menyehatkan, terutama pada hari musim dingin," kata Lisa Young, PhD, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar.

Minum banyak air juga perlu diperhatikan bagi yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Baik itu soal pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran ataupun kegiatan lainnya.

photo
Minum air putih (Ilustrasi) - (Pixabay)

Smoothie

Megan Wong, RD, ahli diet terdaftar tidak merekomendasikan sembarang smoothie, melainkan yang dapat  membangkitkan tenaga. Smoothie ini terdiri dari buah-buahan kaya antioksidan dan sayuran berdaun hijau. Smoothie bisa melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh stres, peradangan, penuaan, dan dikemas dengan vitamin penambah kekebalan dan serat pengatur berat badan.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang memiliki manfaat kesehatan luas, mulai dari mencegah penyakit, mengurangi peradangan, bahkan berpotensi mencegah kanker. Teh hinau bekerja di dalam tubuh untuk mencegah dan mengurangi kerusakan sel dari racun dan radikal bebas.

“Selain banyak manfaat kesehatan, saya menikmati keserbagunaan teh hijau. Bisa dinikmati panas atau dingin dengan bahan tambahan seperti madu dan lemon atau buah kaya antioksidan dan buah jeruk," kata Trista Best, MPH, RD, LD, ahli diet terdaftar di Balance One Supplements.

Susu

Susu mengandung banyak nutrisi. Becci Twombley, RD, ahli diet olahraga tim untuk Los Angeles Angels dan LA Lakers mengatakan, belum ada studi khusus yang mengungkap kerugian akibat mengonsumsi susu.

Susu mengandung semua elektrolit yang diperlukan sehingga menjadikannya ideal untuk tubuh manusia. Susu menjadi sumber kalsium, magnesium, vitamin D yang sangat baik, dan semuanya penting untuk kesehatan dan metabolisme tulang. Namun, yang terpenting, pastikan kualitas dan nutrisi optimal dari susu tanpa tambahan hormon atau antibiotik.

Air soda

Air soda  bisa menjadi alternatif yang bagus untuk air tanpa rasa manis yang berlebihan. Tambahkan irisan jeruk nipis, lemon, jeruk atau mentimun untuk menambahkan rasa serta manfaat nutrisinya.

Teh jahe

Jika sedang mencari obat kembung setelah makan malam, maka direkomendasikan mengonsumsi teh jahe atau peppermint. Salah satunya membantu mengendurkan saluran pencernaan dan meredakan kembung serta ketidaknyamanan pascamakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement