Kamis 10 Dec 2020 20:58 WIB

7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari pada Musim Dingin

Minimalkan konsumsi makanan olahan saat musim dingin.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan olahan (ilustrasi).
Foto: Pxfuel
Makanan olahan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga asupan makanan selama musim dingin sangatlah penting supaya tubuh tetap kuat dan tidak mudah terkena infeksi, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Dilansir di laman NDTV pada Kamis (10/12), berikut tujuh makanan yang sebaiknya dihindari selama musim dingin.

1. Minuman dingin

Berpikir untuk minum sebotol cola langsung dari lemari es? Sebaiknya jangan. Memiliki minuman dingin dan makanan dingin dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

"Makanan bersuhu dingin tidak boleh dikonsumsi di musim dingin, karena tubuh harus bekerja dua kali lebih keras untuk menaikkan suhu tubuh," kata konsultan ahli gizi Rupali Dutta.

2. Produk susu

Produk susu pada dasarnya menghasilkan lendir yang dapat membuat Anda rentan terhadap mengi dan infeksi lainnya. Oleh karena itu, cobalah untuk membatasi asupan produk olahan susu dingin seperti milkshake dan smoothie selama musim dingin. Dadih atau tahu susu juga sebaiknya tidak dikonsumsi setelah makan siang di musim dingin.

"Beberapa orang sangat sensitif terhadap produk susu dan menurut Ayurveda- ia membentuk lendir. Oleh karena itu, mereka yang rentan terhadap pilek dan batuk harus menghindari produk susu," kata kepala ahli gizi di Rumah Sakit Jaslok Delnaaz T Chanduwadia.

3. Daging dan makanan olahan

Makanan berat seperti daging tidak disarankan untuk dikonsumsi pada musim dingin sebab tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Daging dan makanan olahan juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan penambahan berat badan. Meminimalkan konsumsi makanan olahan juga disarankan dalam cuaca dingin karena dapat menimbulkan alergi pada beberapa orang.

4. Salad dan makanan mentah

Menurut ahli nutrisi, Shilpa Arora, yang terbaik adalah menghindari salad dan makanan mentah setelah jam makan siang pada musim dingin. Sebab makanan ini akan meningkatkan keasaman dan kembung, dan pencernaan berada pada puncaknya pada siang hari.

5. Jus dan minuman aerasi

Kita semua tahu bahwa minuman dingin harus dihindari di musim dingin. Tetapi para ahli menyarankan lebih baik untuk membatasi konsumsi semua minuman soda, jus buah, dan minuman manis lainnya. Kadar gula yang tinggi di dalamnya menyebabkan tubuh mengembangkan resistensi insulin dan dengan demikian dapat menurunkan imunitas.

6. Makanan berlemak dengan kalori kosong

Makanan berlemak yang disajikan dalam kondisi hangat memang terasa nikmat disantap saat musim dingin. Namun meski makanan hangat ini dapat membantu tubuh menghadapi cuaca dingin, para ahli menyarankan untuk berhati-hati dan menghindari makan berlebihan kalori kosong. Karena ini bisa menambah berat badan dan mengubah parameter darah menjadi tidak terkontrol.

"Rempah-rempah dapat memenuhi selera makan Anda untuk sementara waktu tetapi dapat membuat Anda mengalami masalah lambung dalam jangka panjang," kata ahli diet senior Sweedal Trinidade.

7. Makanan manis

Ahli diet senior Sweedal Trinidade menyarankan, makanan manis dapat menghambat kekebalan dalam suhu yang keras. "Mari kita awasi imunitas kita sambil memanjakan gigi dengan makanan manis. Ya, gula meningkatkan peradangan dan rasa sakit yang terkait serta mengurangi kekebalan yang membuat Anda rentan terhadap gangguan pernapasan," kata dia. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement