Jumat 11 Dec 2020 00:33 WIB

10 Benda Penting untuk Merawat Pengidap Covid-19 di Rumah

Isolasi mandiri di rumah berpotensi menyebabkan penularan antaranggota keluarga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Reiny Dwinanda
Isolasi mandiri (ilustrasi). Ada tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus di rumah saat ada anggota keluarga yang melakukan isolasi mandiri setelah terpapar Covid-19.
Foto: republika
Isolasi mandiri (ilustrasi). Ada tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus di rumah saat ada anggota keluarga yang melakukan isolasi mandiri setelah terpapar Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang yang tertular Covid-19 hanya akan memiliki gejala yang ringan dan mungkin dapat pulih di rumah. Namun, melakukan isolasi mandiri di rumah berisiko menyebabkan penularan antaranggota keluarga.

Ada tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus di rumah Anda. Termasuk di antaranya ialah memiliki kamar tersendiri bagi yang sakit dan kamar mandi khusus berikut orang yang ditunjuk untuk merawat mereka yang sakit.

Baca Juga

Permukaan juga perlu didisinfeksi secara teratur dan setiap orang harus sering mencuci tangan. Berikut adalah semua hal yang harus dimiliki jika Anda atau anggota keluarga terjangkit Covid-19, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, dilansir USA Today, Kamis (10/12):

1. Sabun cuci tangan

Mencuci tangan harus dilakukan sesering mungkin, misalnya ketika sehabis dari kamar mandi, sebelum dan sesudah makan, setelah bersin dan batuk. Cuci tangan sangat penting, terutama setelah kembali dari tempat umum.

Cuci tangan dengan sabun selama 20 detik agar efektif menghilangkan kuman dan virus.

2. Semprotan dan tisu basah disinfektan 

Ketika salah seorang anggota keluarga Anda sakit, direkomendasikan untuk membersihkan semua permukaan yang sering dipegang. Kedua benda ini memang sulit dicari, tapi sangat penting untuk aktivitas sanitasi.

3. Hand sanitizer

Meskipun mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19, penyanitasi tangan (hand sanitizer) adalah pilihan kedua yang baik jika Anda tidak memiliki akses ke sabun dan air.

Pastikan hand sanitizer Anda mengandung setidaknya 60 persen alkohol, sehingga Anda dapat membersihkan dengan saksama.

photo
Pasien Covid-19 isolasi mandiri di rumah. (Ilustrasi) - (Republika.co.id)

4. Termometer

Demam adalah salah satu gejala pertama COVID-19, jadi Anda memerlukan termometer untuk memantau penyakit anggota keluarga Anda dan untuk melihat apakah ada orang lain yang tertular virus tersebut.

5. Kantong sampah

Anda harus membuang sebagian besar barang sekali pakai yang mungkin bersentuhan dengan virus corona, seperti tisu, sarung tangan sekali pakai, dan masker sekali pakai. Selain itu, CDC merekomendasikan memiliki kantong sampah berlapis khusus untuk siapa pun yang terkena dampak virus corona serta menggunakan sarung tangan untuk membuang kantong tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement