Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Anugerah KPI, Semangat Kreativitas di Tengah Pandemi

Kamis 10 Dec 2020 18:14 WIB

Red: Gita Amanda

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali menyelenggarakan Anugerah KPI 2020.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali menyelenggarakan Anugerah KPI 2020.

Foto: KPI
Anugerah KPI merupakan penyemangat lembaga penyiaran di tengah pandemi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali menyelenggarakan Anugerah KPI 2020. Anugerah yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini merupakan bentuk penghargaan serta apresiasi tertinggi dari KPI kepada lembaga penyiaran atas kerja keras dan komitmennya dalam membuat dan menyuguhkan program-program siaran yang baik, berkualitas, mendidik sekaligus menghibur meskipun dalam situasi sulit seperti sekarang ini karena pandemi Covid-19.

Menangkap kondisi tersebut, dalam Anugerah kali ini, KPI memutuskan mengambil tema “Semangat Kreativitas Di Tengah Wabah”. Menurut Wakil Ketua KPI Pusat yang juga PIC Anugerah KPI 2020, Mulyo Hadi Purnomo, tema ini merupakan bentuk keprihatinan sekaligus penyemangat bagi lembaga penyiaran menghadapi dampak dari pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia benar-benar telah membatasi aktivitas kita. Semuanya harus mengurangi aktivitas di luar rumah, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah, dan di sinilah tugas berat penyiaran sedang diuji. Pasalnya, penyiaran harus terus mengudara untuk memberikan informasi dan hiburan. Mereka tetap berkarya di tengah ancaman wabah. Dalam keterbatasan gerak, para broadcaster dituntut untuk terus kreatif dan produktif,” kata Mulyo, dalam siaran pers Anugerah KPI 2020 yang diselenggarakan secara daring dari Auditorium Gedung Perpustakaan Nasional, di bilangan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (10/12).

Mulyo menyampaikan, dalam penyelenggaraan Anugerah KPI 2020 ini, KPI telah menerima sebanyak 235 program acara TV serta 144 program acara radio yang disiarkan atau ditayangkan medio November 2019 sampai November 2020. Program-program tersebut akan memperebutkan 20 kategori yang diperlombakan dalam Anugerah tahun ini.

Ada dua kategori baru atau tambahan dalam Anugerah KPI 2020 yakni Kategori Konten Lokal TV SSJ (Stasiun Siaran Jaringan) dan Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran. Dalam Anugerah ini, panitia mengganti kategori Lifetime Achievement dengan Kategori Lembaga Penyiaran Peduli Pandemi untuk Radio dan TV.

“Untuk tahun ini, kami mengganti terlebih dahulu kategori lifetime achievement dengan kategori lembaga penyiaran peduli pandemi untuk Lembaga penyiaran radio dan TV. Ini sangat berkaitan dengan situasi yang terjadi sekarang. Kami memberi penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pada lembaga penyiaran yang memiliki konsen dan tetap memiliki kepedulian tinggi meskipun dalam situasi sulit karena pandemi. Kepedulian itu dilihat dari tayangan Iklan Layanan Masyarakat, perilaku presenter & host yang tampak dan terdengar, dan program khusus dalam rangka kepedulian terhadap penanggulangan covid-19. Hal inilah yang menjadi pertimbangan kami,” jelas Mulyo, dalam siaran persnya.

Adapun penilaian karya diserahkan kepada tim juri berjumlah 30 orang yang merupakan perwakilan dari Komisioner KPI Pusat, Anggota DPR RI, Pengamat Penyiaran, Sutradara Film, Jurnalis, Penulis, dan Seniman yang di antaranya  Nurman Hakim, Noorca Marendra, Mayong Suryo Laksono, Paulus Widiyanto, HM. Syaiful Bahri Anshor, Sinansari ecip, Makmur Makka, dan lainnya.

Rencananya, para pemenang Anugerah KPI disiarkan secara live streaming melalui media sosial KPI Pusat; Youtube media center kpi pusat, Facebook kpi pusat, dan Instagram kpi pusat mulai pukul 13.00 WIB, Kamis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA