Kamis 10 Dec 2020 16:47 WIB

Bypass Bandara-KEK Mandalika Ditarget Rampung Agustus 2021

Jalan itu akan memudahkan kunjungan ke Mandalika pada gelaran MotoGP 2021.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Fuji Pratiwi
Kawasan Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB untuk gelaran MotoGP 2021. Pemerintah menargetkan pengerjaan jalan bypass ke KEK Mandalika rampung pada Agustus 2021.
Foto: AHMAD SUBAIDI/ANTARA FOTO
Kawasan Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB untuk gelaran MotoGP 2021. Pemerintah menargetkan pengerjaan jalan bypass ke KEK Mandalika rampung pada Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan pengerjaan jalan bypass sepanjang 17 km yang menghubungkan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok, NTB bisa rampung pada Agustus 2021. Dengan begitu, akses jalan yang memudahkan kunjungan ke Mandalika itu bisa dimanfaatkan pada gelaran MotoGP pada Oktober 2021. 

Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi, dan Investasi Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Febry C Tetelepta mengungkapkan, pemerintah terus mengawasi secara langsung perkembangan pembangunan KEK Mandalika agar bisa rampung tepat waktu. 

Baca Juga

"Pada awal November kemarin kami melakukan kunjungan untuk memantau dan evaluasi memastikan proyek ini berjalan secara baik," ujar Febry melalui siaran pers, Kamis (10/12). 

Selain itu, sejumlah fasilitas penunjang untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP juga siap beroperasi pada Juli 2021. Fasilitas itu berupa perluasan terminal, pengembangan fasilitas kargo, dan perpanjangan landasan pacu di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. 

Di luar fasilitas penunjang yang masih harus dikebut sampai 2021, realisasi pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau sirkuit untuk kompetisi berjalan di atas target. Beberapa infrastruktur yang sudah terbangun di kawasan ini adalah jalan ruas barat, masjid, Kuta Beach Park, pusat pengawasan area pantai atau Balawista, Bazaar Mandalika, dan sentra parkir yang akan menjadi etalase UMKM NTB. 

Namun, pemerintah masih punya pekerjaa rumah untuk pembebasan sejumlah ruas lahan. Febry menekankan, proses pembebasan lahan ini akan diselesaikan dalam waktu dekat. 

"KSP terus bekerja dalam memastikan penyelesaian pembebasan lahan, serta memfasilitasi pemangku kepentingan terkait untuk membantu proses percepatan penyelesaian tersebut," ujar Febry. 

Febry menambahkan, gelaran MotoGP 2021 di Mandalika diharapkan bisa mendongkrak sektor pariwisata setelah Covid-19. Sebelumnya, saat peresmian Kawasan Mandalika sebagai kawasan destinasi wisata pada Oktober 2017, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kawasan Mandalika bisa mendongkrak pertumbuhan di daerah tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement