Kamis 10 Dec 2020 14:56 WIB

Wapres Dorong UMKM Lebih Kreatif di Masa Pandemi

Kreativitas yang didorong termasuk desain produk guna meningkatkan daya saing.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Wapres mendorong pelaku UMKM lebih kreatif di masa pandemi Covid-19.
Foto: KIP/Setwapres
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Wapres mendorong pelaku UMKM lebih kreatif di masa pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lebih kreatif dalam menghasilkan desain-desain produk yang menarik. Desain merupakan salah satu unsur penting dalam kesuksesan pemasaran sebuah produk.

Sebab, desain juga menjadi sebuah komoditas yang memiliki nilai tinggi. "Karena itu, upaya untuk mendorong sebuah produk memiliki desain yang baik, serta mendorong kreativitas dalam menghasilkan desain-desain menarik dan memiliki nilai tinggi merupakan hal yang penting untuk dilakukan," kata Kiai Ma'ruf di acara Penganugerahan Penghargaan Upakarti dan Penghargaan Desain Produk Industri Terbaik (IDGS) tahun 2020, Kamis (10/12).

Baca Juga

Selain itu, Kiai Ma'ruf juga menekankan pentingnya produk yang berkualitas yang dihasilkan pelaku usaha UMKM. Sebab, kualitas produk akan meningkatkan nilai tambah dan daya saing, sehingga memperbesar peluang merebut pasar global. 

Ia mengungkap, pandemi Covid-19 telah memberi dampak ke sektor riil, khususnya di sektor rumah tangga. Menurut penelitian yang dilakukan Bank Dunia dan Bappenas, usaha kecil dan menengah terdampak paling besar. Lebih dari 80 persen usaha kecil dan menengah penjualannya menurun lebih dari 20 persen.

Karena itu, Kiai Ma'ruf mengapresiasi digelarnya penghargaan Desain Produk Terbaik Indonesia (Indonesia Good Design Selection-IGDS) 2020 oleh Kementerian Perindustrian. Penghargaan ini jadi sarana pendorong bagi para desainer dan para pelaku industri untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industrinya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement