Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Hasto: PDIP Memenangi Empat Pilkada di Wilayah Sumbar

Kamis 10 Dec 2020 14:40 WIB

Red: Bayu Hermawan

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Foto: Istimwa
Sekjen PDIP mengklaim partainya memenangi empat pilkada di wilayah Sumbar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim berhasil memenangi empat pilkada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) versi hitung cepat. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dari total 13 pilkada tingkat kabupaten/ kota di Sumbar, partainya hanya ikut serta di sembilan wilayah.

"Berdasarkan laporan Ketua DPD PDIP Alex Indra Lukman, dari sembilan pilkada itu, PDI Perjuangan menang di Dharmasraya, Pasaman Barat, Padang Pariaman, dan Pasaman. Dengan demikian, PDI Perjuangan memiliki satu kader sebagai bupati dan tiga kader sebagai wakil bupati," kata Hasto Kristiyanto, Kamis (10/12).

Baca Juga

Hasto melanjutkan, kemarin warga Sumbar telah menggunakan hak pilihnya dan patut mensyukuri pilihan dari warga Sumbar karena hasil hitung cepat ternyata menunjukkan PDIP menang di empat pilkada."Ditinjau dari jumlah kader yang menjadi kepala dan wakil kepala daerah, progres di Sumbar membanggakan. Terima kasih untuk masyarakat Sumbar, PDI Perjuangan selalu memberi perhatian besar terhadap Sumbar," kata Hasto.

Awalnya PDIP memiliki calon untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Namun, pasangan Mulyadi-Ali Mukhni tidak memiliki prinsip kepemimpinan yang kuat dan lebih memilih mengembalikan rekomendasi. Sementara itu, untuk pilkada di tempat terpisah, calon PDIP pun juga mencetak sejumlah kemenangan pada Pilkada 2020.

"Di Pilbup Ponorogo, calon yang diusung PDI Perjuangan, pasangan Sugiri-Lisdyarita, mampu mengalahkan pejawat yang diusung Partai NasDem. Demikian pula, di Indramayu, pasangan calon PDI Perjuangan, Nina Agustina-Lucky Hakim, berhasil mematahkan 20 tahun dominasi Partai Golkar," kata Hasto.

Berdasarkan hasil hitung cepat, kataHasto, menunjukkan pasangan Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) menjadi pemenang Pilkada Manado 2020. Hasto menerima informasi bahwa Calon Wali Kota Andrei Angouw itu bakal menjadi wali kota pertama yang beragama Konghucu. Dari kantor DPP, dia bersama tim pilkada terus memantau perkembangan hasil-hasil Pilkada 2020.

"Para ketua DPD PDI Perjuangan memberikan update pilkada, termasuk Pak Don (Ketua DPD Sulut), Pak Alex Indra (Ketua DPD Sumbar), Pak Kusnadi (Ketua DPD Jawa Timur), dan Ono Surono (Ketua DPD Jawa Barat)," kata Hasto.

Sumber : Antara
 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler