Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Gairah Pendanaan Syariah Bagi Industri Rumah Murah

Kamis 10 Dec 2020 12:55 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tampak kesepakatan kerjasama antara Realtegic Group dan PT Kenda Resources.

Tampak kesepakatan kerjasama antara Realtegic Group dan PT Kenda Resources.

Foto: istimewa
Prinsip syariah diyakini dapat membawa nilai keadilan, transparansi, kemitraan bisnis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bisnis perumahan dengan pendanaan berbasis syariah memberi peluang bagi bergairahnya bisnis properti di saat pandemi ini. Peluang tersebut diharapkan juga mampu mengurangi backlog perumahan yang kini belum bisa sepenuhnya teratasi. 

Harapan itu tersirat dari kesepakatan pendanaan antara Realtegic Group, selaku perusahaan properti yang fokus pada penyediaan rumah dengan harga terjangkau, dengan PT Kenda Resources International melalui akusisi 40 persen saham pada Realtegic Group. PT Kenda Resources International merupakan perusahaan yang memiliki fokus investasi di bidang real-estate, pertambangan, dan energi. Kenda juga merupakan anak perusahaan Bazara Group  salah satu perusahaan keluarga terkemuka di Timur Tengah dan Asia Timur.

Skema pendanaan dan kemitraan yang diberikan oleh Kenda Resources International menggunakan prinsip syariah. Kedua perusahaan percaya bahwa prinsip syariah dapat membawa nilai-nilai keadilan, transparansi, kemitraan, serta universal dalam aktivitas bisnis. "Kami berkomitmen untuk menyediakan rumah murah bagi masyarakat berpendapatan rendah. Karena kami yakin bahwa semua orang berhak memiliki rumah," ujar Gito Wahyudi selaku CEO Realtegic Group, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/12).

Realtegic Group mengunakan brand ‘the leaf’ fokus pada penyediaan rumah terjangkau, asri, dan nyaman bagi masyarakat berpendapatan rendah. Perusahaan yang berdiri 2019 ini sedang membangun 3.600 unit rumah di Jawa Barat. Yaitu di Kabupaten Bogor Kecamatan Tenjo dan Parung Panjang, serta di Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Boyolali Kecamatan Kragilan. Rata-rata rumah yang dipasarkan oleh Realtegic Group berkisar Rp 160 jutaan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA