Kamis 10 Dec 2020 10:51 WIB

Pemulihan Listrik Daerah Terpencil Terkendala Cuaca Ekstrem

Pihak PLN masih terus bekerja maksimal menormalkan kondisi kelistrikan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Memasuki hari ketiga penanganan bencana akibat cuaca ekstrim di Beberapa Wilayah Jawa Barat.  Yakni Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Cimahi, Cianjur dan Purwakarta. PLN Jawa Barat telah berhasil memulihkan 100 persen untuk Wilayah Cimahi, Purwakarta dan Tasikmalaya. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat masih terus bersungguh-sungguh menormalkan 329 gardu tersisa dari 7.155 gardu terdampak.
Foto: istimewa
Memasuki hari ketiga penanganan bencana akibat cuaca ekstrim di Beberapa Wilayah Jawa Barat. Yakni Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Cimahi, Cianjur dan Purwakarta. PLN Jawa Barat telah berhasil memulihkan 100 persen untuk Wilayah Cimahi, Purwakarta dan Tasikmalaya. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat masih terus bersungguh-sungguh menormalkan 329 gardu tersisa dari 7.155 gardu terdampak.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Memasuki hari ketiga penanganan bencana akibat cuaca ekstrem di beberapa Wilayah Jawa Barat, yakni Garut, Tasikmalaya, Sukabumi, Cimahi, Cianjur, dan Purwakarta. PLN Jawa Barat telah berhasil memulihkan 100 persen untuk Wilayah Cimahi, Purwakarta dan Tasikmalaya. PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat masih terus bersungguh-sungguh menormalkan 329 gardu tersisa dari 7.155 gardu terdampak.

Menurut GM PLN UID Jabar, Agung Nugraha, beberapa titik tersulit seperti Situendah dan Surade wilayah Sukabumi misalnya, lokasi tiang  roboh berada di pegunungan. Sehingga, akses kendaraan sangat sulit dan menuntut PLN bekerja keras menerjunkan 30 orang personil untuk berjalan kaki mendistribusikan material pengganti. "Karena jalan tidak bisa mobil kami akan berjalan membawa tiang kurang lebih 3 kilometer naik ke atas membawa tiang ukuran 12 meter," ujar Agung kepada wartawan, Kamis (10/12).

Agung mengatakan, beberapa titik yang masih bisa diakses pun masih mengalami cuaca ekstrem seperti Hujan angin. Tapi pihak PLN masih terus bekerja maksimal menormalkan kondisi kelistrikan, pada pukul 05.00 pagi ini 6.507 gardu sudah berhasil di operasikan kembali.

Berikut beberapa Wilayah yang masih terdampak,  adalah wilayah Garut ada di Sancang, Neglasari, Jec Cikelet, Bungbulang, Ds Pamalayan, Linggamanik, Awasagara, Banjarwangi, Bojong Gambir, dan Singajaya.

Untuk Cianjur, kata dia, ada di Bojong Kalong, Nyalindung, Cikawung, Jajaway, Cibala, Ps Kalapa, Lempur Ciawul, Wargasih, Cicadas, Wargasari, Kadupandak, Cijati, Agrabinta, Patuha, Cibuni, Cireundeg, Mekarmukti, Sukatani, Cimaskara, Batu Seuneu, Cikadu, Melania, Cidaun, Kp Ciremis, Kp Cikancana, Desa Cibokar, Gn Manik, Gn Kencana, Harjasari.

Untuk Sukabumi, kata dia, ada di Ciwaru, Cilele, Nonodon, Ciletuh, Ps Panjang, Ciracap, Tajir, Ps Ipis, Surade, Jatijajar, Sindangayu, Ujung genteng, loji, Ciemas, Tamanjaya, Cinagen, Gn Batu, Jagamukti, Ps Salam, Tangela, Citangalar, Karangpapak, Sukamaju, Bojongkaur, Cimaja, Ps Badak, Wangunreja, Sukamaju, Nyalindung, Urabaya, Cibaregbeg, Ancaen, Baras, Gn Bentang, Curug Kembar, Cidadap, Karangsari, Pabuaran, Sagaranten, Kp Cikembar, Situendah, Bojong haur, Lengkong. 

"Selanjutnya Untuk informasi layanan kelistrikan selama kondisi Cuaca ekstrim ini warga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 dengan cara menekan kode area dilanjutkan dengan 123," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement