Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Hitung Cepat Pilkada Lampung Timur: Dawam-Azwar Unggul 

Kamis 10 Dec 2020 08:44 WIB

Red: Mas Alamil Huda

Pasangan cabup-cawabup Lampung Timur, Dawam Rahardjo-Azwar Hadi.

Pasangan cabup-cawabup Lampung Timur, Dawam Rahardjo-Azwar Hadi.

Foto: istimewa
Pasangan nomor urut 3 tersebut mendapat perolehan 40,36 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG TIMUR - Pasangan nomor urut 3, Dawam Rahardjo-Azwar Hadi, untuk sementara unggul di Pilkada Lampung Timur 2020. Berdasarkan hasil quick count yang dirilis Rakata Institute, pasangan nomor urut 3 tersebut mendapat perolehan 40,36 persen.

Perolehan suara ini melampui pasangan nomor urut 2 Zaiful Bokhari-Sudibyo yang memperoleh 35,97 persen dan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo mendapat 20,67 persen. “Berdasarkan data yang masuk 100 persen dari masing-masing kandidat diketahui jika pasangan nomor 3 unggul dari dua pasang calon yang lain,” ujar Direktur Rakata Institute, Yuli Harmoko, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/12).

Dia menjelaskan, quick count yang dilakukan lembaganya mengambil sampel dari 88 TPS yang tersebar secara proporsional setiap kecamatan di Kabupaten Lampung Timur. Sampel dipilih menggunakan metode stratified random sampling. “Margin error dari hitung cepat ini kurang lebih 2,5 persen dengan tingkat kepercayaan 99 persen,” katanya.

Yuli menegaskan, secara statistik pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi bisa dipastikan menang. Kendati demikian, kepastian kemenangan pasangan calon Pilkada tetap harus menunggu tabulasi suara yang dilakukan oleh KPU Lampung Timur.

Rakata Institute merupakan salah satu lembaga survei yang mendapatkan ijin untuk melaksanakan quick count atau hitung cepat di Pilkada serentak 2020 dan terdaftar resmi di KPU Bandar Lampung. Rakata Institute pernah menyelenggarakan quick pada pileg dan pilpres 2019 dengan hasil presisi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hitungan Rakata Institute ini tidak berbeda jauh dengan hasil penghitungan sementara KPU yang ditampilkan di website pilkada2020.kpu.go.id. Pada Kamis (10/12) pagi, penghitungan KPU yang diunggah di laman tersebut yang dilihat Republika.co.id menunjukkan pasangan Dawam-Azwar memperoleh 41,3 persen, pasangan Zaiful Bukhori-Sudibyo 37,7 persen, dan pasangan Yusran Amirullah-Benny Kisworo 21 persen.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler