Kamis 10 Dec 2020 03:06 WIB

Atalanta ke Babak 16 Besar Liga Champions

Ajax justru harus takluk pada Atalanta di Johan Cruijff Arena.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Agung Sasongko
Luis Muriel (Kiri) mencetak gol kemenangan Atalanta atas Ajax Amsterdam.
Foto: EPA-EFE/MAURICE VAN STEEN
Luis Muriel (Kiri) mencetak gol kemenangan Atalanta atas Ajax Amsterdam.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Lanjutan drama Liga Champions mempertemukan Ajax Amsterdam dan Atalanta pada Kamis (10/12). Meski berlaku sebagai tuan rumah, Ajax justru harus takluk pada Atalanta dan gugur dalam perbuatan Si Kuping Besar. 

Bertanding di Johan Cruijff Arena, Atalanta berhasil mengamankan tiket 16 besar liga Champions setelah mengalahkan Ajax dengan skor tipis 0 - 1. Gol semata wayang Atalanta dicetak oleh Luis Muriel. 

Baca Juga

Dalam laga ini, Ajax menurunkan striker Brian Brobbey yang masih berusia 18 tahun sekaligus menjadi debut pertamanya. Sementara itu, Atalanta mengandalkan duet Alejandro Gomes dan Duvan Zapata di lini serangan mereka.

Semenjak laga dimulai hingga paruh pertama, Ajax lebih menonjol dalam penguasaan bola. Beberapa serangan dibangun Ajax melalui umpan - umpan teratur. Namun, upaya - upaya itu belum berhasil membuahkan hasil untuk Ajax. 

Meski tak lebih banyak menguasai bola, Atalanta bermain cukup tenang. Dalam beberapa kesempatan, klub asal Italia ini kerap membuat lini pertahanan Ajax kewalahan lewat serangan balik. 

Bahkan, Gelandang Ajax Ryan Gravenberch harus diganjar kartu kuning setelah terpaksa melakukan tekel keras ke penyerang Atalanta, Duvan Zapata, demi menghentikan serangan balik. Hingga turun minum, skor bertahan 0 - 0.

Di babak kedua, penguasaan bola pun masih diungguli tim tuan rumah. Kedua tim masih tetap berusaha memecah pertahanan lawan. Sejumlah tembakan dilesatkan kedua tim, namun tetap belum membuahkan hasil. 

Pada menit 79, gelandang Ajax, Gravenberg melakukan tekel keras pada penyerang Atalanta, Alejandro Gomes. Nahas, Gravenberg diganjar kartu kuning kedua oleh wasit setelah pada babak pertama telah mendapatkan kartu kuning. Ia pun harus meninggalkan lapangan. 

Bermain dengan sepuluh pemain, Ajax mulai kerepotan menghadapi serangan Atalanta. Alhasil, pada menit 85, Muriel memecah kebuntuan. Ia berhasil menaklukkan kiper Ajax, Onana dan mencatatkan diri di papan skor. Skor 0 - 1 bertahan hingga peluit panjang kedua berbunyi. 

Dalam laga kali ini, tak banyak tercipta tembakan terarah dari kedua tim. Dari tujuh tembakan Ajax, hanya dua yang mengarah ke gawang Atalanta yang dijaga Gollini. Sementara, Atalanta melesat kan lima tembakan di mana salah satunya mengarah ke gawang. 

Dengan kemenangan ini, Atalanta pun menyusul Liverpool dari Grup D yang telah terlebih dahulu memastikan diri ke babak 16 besar. Sementara, Ajax harus puas melanjutkan kompetisi di kasta Kedua Kompetisi tertinggi di Eropa, yakni Eropa League. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement