Rabu 09 Dec 2020 23:19 WIB

BNNK Jaksel Gandeng Artis Ciptakan Lingkungan Bebas Narkoba

BNNK Jaksel ingin 'Lingkungan Bersinar' salah satunya ada di kalangan sineas.

Ilustrasi Narkoba
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Narkoba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Narkotik Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan mengajak para artis ikut menciptakan Lingkungan Bersih dari Narkoba (Bersinar). Tujuannya, untuk mencegah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarangdi kalangan selebritas.

"Dalam waktu tidak terlalu lama, kami sudah bincang-bincang dengan Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta untuk kegiatan Lingkungan Bersinar di kalangan artis," kata Kepala BNNK Jakarta Selatan Dik Dik Kusnadi, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (9/12).

Dik Dik mengatakan Lingkungan Bersinar menjadi strategi pihaknya dan jajaran kepolisian untuk membangun kesadaran tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. BNNK menyasar Bersinar ini ada di lingkungan kerja, lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat dan lingkungan komunitas, salah satunya lingkungan sineas atau pemeran film maupun sinetron di Tanah Air.

"Nanti kami bersama Parfi mengundang mereka yang terlibat dalam kelompok sineas, kami orientasikan Bersinar, kami hadir dengan humanis," kata Dik Dik.

Menurut Dik Dik, kehadiran BNNK dan kepolisian dalam lingkungan Bersinar bukan bermaksud untuk memenjarakan para artis, tetapi untuk mengajak para artis berhenti mengkonsumsi narkoba, atau proses hukum akan berjalan. Dalam lingkungan Bersinar ini, kata dia, ada indikator-indikator yang harus dijalani.

Hal tersebut diawali dengan penandatanganan pakta integritas, lalu sosialisasi, dan akan ada tes urine secara mendadak bagi artis-artis yang berprilaku mencurigakan. "Di awal ada sosialisasi tapi di ujungnya ada tindakan tegas. Intinya kami tidak mau para artis ini berakhir di penjara," kata Dik Dik.

BNNK Jakarta Selatan telah membentuk Lingkungan Bersinar bersama jajaran Kodim 0504/Jakarta Selatan, lalu di Kelurahan Manggarai untuk Lingkungan Bersinar di masyarakat. "Kunci dari pencegahan ini adalah menumbuhkan kesadaran karena kalau semua sudah sadar bahwa narkoba itu proses mempercepat menuju tiga tempat, yakni rumah sakit jiwa, penjara atau kuburan," kata Dik Dik.

Wilayah Jakarta Selatan kerap terjadi penangkapan artis terlibat narkoba. Mereka di antaranya Nunung Srimulat, Jefri Nichol, Tio Pakusadewo, Dwi Sasono, Roy Kiyoshi, dan baru-baru ini Iyut Bing Slamet.

                               

                           

                                                                   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement