Rabu 09 Dec 2020 20:33 WIB

Bahaya Penduduk Makkah-Madinah yang Buat Dosa

Bahaya Penduduk Makkah-Madinah yang Buat Dosa.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Bahaya Penduduk Makkah-Madinah yang Buat Dosa.foto:    Foto udara jalur pejalan kaki dari kota tenda Mina menuju bangunan Jamarat tempat tiga pilar jumrah berada dengan latar Kota Makkah dari kejauhan, Senin (12/8).
Foto: Amr Nabil/AP
Bahaya Penduduk Makkah-Madinah yang Buat Dosa.foto: Foto udara jalur pejalan kaki dari kota tenda Mina menuju bangunan Jamarat tempat tiga pilar jumrah berada dengan latar Kota Makkah dari kejauhan, Senin (12/8).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Di antara keistimewaan Baitul Haram adalah pahala amal sholeh yang dilakukan di dalamnya akan dilipatgandakan, hingga seratus ribu, kali lipat dibandingkan dengan amal saleh yang dilakukan di tempat lain. 

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda. "Sholat di masjidku ini lebih baik daripada seribu sholat di masjid-masjid lainnya kecuali di Masjidil Haram" (HR.Bukhari).

Baca Juga

Ali al-Qari Berkata dalam Mirqat al Mafatih Syarah Miskat al-Mashabib:

"Pada surat Hasan Basri yang ditunjukkan orang zuhud hendak pergi kota Makkah disebutkan, bahwa Rasulullah bersabda siapa saja yang melaksanakan sholat dua rakaat di Masjidil Haram maka seolah-olah dia telah melaksanakan sholat di masjid ku ini sebanyak seribu kali sholat. Dan, sholat di masjid ini lebih baik daripada seribu sholat di Masjidil lain di negeri lain."

Demikian pula dengan keistimewaan kota Madinah bahwasanya pahala amal sholeh yang dilakukan di kota itu akan dilipatgandakan hingga seribu kali lipat dibandingkan dengan di tempat lain kecuali di tanah suci Makkah.

Al Ghazali berkata dalam kitab Ihya Ulumuddin tidak ada daerah yang lebih baik setelah kota Makkah sampai Madinah setelah Rasulullah SAW wafat amal yang dilakukan di dalamnya juga akan dilipatgandakan. 

Abu Thalhah berkata, seperti inilah amalan perbuatan yang dilakukan di dua Tanah Suci, selainitu akan dilipatgandakan ibadah di Tanah Suci tersebut seperti dilipatgandakannya salat yang dilakukan di sana.

Menurutnya, ini merupakan sebuah berita besar yang menggembirakan bagi umat manusia selain itu sama ini juga sebuah kegembiraan yang sangat besar bagi mereka yang berada di Tanah Suci baik mereka yang menetap ataupun yang mengunjunginya saja.

Akan tetapi kata Abu Thalhah hal ini dapat menimbulkan bahaya yang besar juga, di mana sekelompok ulama seperti Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud, Mujahid dan Ahmad bin Hambal berpendapat bahwa siksa keburukan yang dilakukan di kota Makkah pun akan dilipatgandakan, seperti halnya kebaikan yang mereka lakukan. Kemudian ada yang mengatakan bahwa pelipatgandaan ini setimpal dengan pelipatgandaan kebaikan yang dilakukan di Tanah Suci. Ada yang mengatakan, "Bahkan seperti yang dilakukan di Tanah Suci."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement