Rabu 09 Dec 2020 20:16 WIB

Warga Sukabumi Diminta Waspadai Bencana

Warga Sukabumi Diminta Waspadai Bencana alam.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil
Warga Sukabumi Diminta Waspadai Bencana. Foto:  Bencana alam (ilustrasi)
Foto: Dok Republika.co.id
Warga Sukabumi Diminta Waspadai Bencana. Foto: Bencana alam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI--Warga Kota Sukabumi diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Terlebih pada Selasa (8/12) dilaporkan terjadi banyak titik bencana akibat angin kencang.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, angin kencang yang terjadi di kota Sukabumi terjadi sekitar pukul 17.15 WIB pada saat Kota Sukabumi diguyur hujan deras. Di mana ada puluhan titik lokasi bencana yang dilaporkan.

Baca Juga

"Sejak Selasa (8/12) sore lalu sampai Rabu (9/12) dini hari banyak musibah karena cuaca yang ekstrem,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Rabu. Oleh karenanya masyarakat dihimbau agar tetap waspada, perhatikan lingkungan sekitar dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem.

BMKG kata Fahmi, memperkirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Jawa Barat termasuk provinsi yang diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

''Pada Selasa sore terjadi angin kencang yang telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang,'' ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami. Selain itu bencana menyebabkan robohnya tiang reklame dan atap rumah atau kanopi rumah warga. Dari data sementara ada sebanyak 20 titik lokasi bencana.

Puluhan titik itu diantaranya pohon tumbang di Jalan Stadion Surya Kencana Pabuaran, pohon tumbang di Taman Asri RT 04 RW 14 Ciaul l, dan pohon tumbang menimpa rumah di Rawagede RT 03 RW 05 Cikundul, Lembursitu. Berikutny baliho papan reklame tumbang di Jalan Lingkar Selatan, pohon tumbang sekitar Hotel Anugerah, dan tiang listrik PJU roboh di Prana Cikole.

Selanjutnya pohon tumbang di Ciaul Pasir Jalan Kokom Komariah RT 04 RW 13, atap rumah rusak Kelurahan Benteng Tengah dan Gang Juli RW 13 RT 03, Kebonjati.

Titik lainnya yakni kabel listrik jalan Bhayangkara, atap rumah di Karamat, dan pohon tumbang di Jalan Sriwijaya RW 2 Sriwedari serta pohon tumbang di komplek Setukpa Japan Bhayangkara. Di samping itu kanopi tempat usaha Nyomplong, pohon tumbang ex Terminal Sudirman Jalan Sudirman pohon tumbang samping kantor PDAM Karamat , serta pohon tumbang menimpa rumah Kelurahan Baros, Kecamatan Baros.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani menambahkan, petugas BPBD sudah dikerahkan ke lokasi bencana untuk melakukan penanganan. '' Puluhan titik ini sudah ditangani petugas dibantuk relawan dan warga serta instansi terkait,'' kata dia.

Contohnya tiang PJU yang roboh di Prana sudah dievakuasi oleh petugas pada Selasa malam. Sehingga akses warga yang melintasi jalan kembali normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement