Rabu 09 Dec 2020 19:38 WIB

Asosiasi Muslim Inggris Pastikan Vaksin Pfizer Halal

Inggris pastikan vaksin Pfizer BioNTech Covid-19 tidak mengandung komponen hewan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah
Asosiasi Muslim Inggris Pastikan Vaksin Pfizer Halal. Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.
Foto: EPA-EFE/BIONTECH SE
Asosiasi Muslim Inggris Pastikan Vaksin Pfizer Halal. Tampak ampul dengan BNT162b2, isi kandidat vaksin Covid-19 yang berbasis mRNA buatan perusahaan farmasi Jerman Biontech. Vaksin yang dibuat juga bersama dengan Pfizer ini disebut 90 persen efektif.

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Vaksin Covid-19 baru yang diluncurkan di Inggris dianggap halal oleh asosiasi medis terkemuka dan tim ahli. British Islamic Medical Association (BIMA) mengatakan telah mempertimbangkan semua informasi yang tersedia, termasuk peningkatan risiko Covid-19 bagi mereka yang berasal dari etnis minoritas.

BIMA mengatakan telah berkonsultasi dengan berbagai ahli penyakit menular, industri farmasi, kedokteran klinis, komisi, penelitian ketidaksetaraan, kesehatan masyarakat, dan ahli bioetika. Dalam sebuah pernyataan, dilansir di Lancashire Telegraph, Rabu (9/12), dikatakan tidak ada produk hewani dalam vaksin ini dan tidak ada sel turunan hewan yang digunakan.

Baca Juga

Organisasi tersebut melanjutkan dengan menambahkan komunitas Muslim Inggris telah terpengaruh oleh Covid-19 secara tidak proporsional dengan kelebihan kasus dan kematian. Dan bagaimana penyakit kronis sering kali dikelola dengan buruk, dengan tingkat diabetes dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, yang merupakan faktor prognostik yang buruk untuk Covid-19, dengan kepuasan pasien yang buruk dan akses ke layanan kesehatan.

Setelah berdiskusi dengan para ahli, organisasi tersebut mengatakan akan merekomendasikan vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 untuk individu berisiko yang memenuhi syarat di komunitas Muslim. Sebuah fatwa juga telah diposting oleh Yusuf Shabbir dan disetujui oleh Mufti Shabbir Ahmad, Mufti Muhammad Tahir dan konsultan NHS Mawlana Kallingal Riyadh yang menyatakan vaksin tersebut halal berdasarkan informasi yang tersedia.

Pemerintah Inggris memastikan vaksin Pfizer BioNTech Covid-19 tidak mengandung komponen yang berasal dari hewan. Situs Pemerintah menyatakan, "Badan Obat-obatan dan Produk Perawatan Kesehatan dapat memastikan bahwa vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 tidak mengandung komponen apa pun yang berasal dari hewan."

photo
Inggris restui penggunaan darurat vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech. - (Republika)

 

"Kami menghubungi perusahaan Pfizer untuk meminta perincian bahan yang dibagikan dengan kami. Awalnya, bahan yang menjadi perhatian hanya kolesterol, karena bisa bersumber dari lemak hewani meski biasanya bersumber dari telur ayam," kata penjelasan dari fatwa tersebut.

Pernyataan pemerintah tersebut menegaskan tidak bersumber dari lemak hewani oleh karena itu halal. Perusahaan juga telah mengonfirmasi hal ini melalui email kepada BIMA yang menyatakan, “Semua eksipien lipid yang digunakan dalam Vaksin Covid-19 mRNA BNT162b2 berasal dari sumber yang diturunkan dari tumbuhan atau sintetis. Vaksin tidak mengandung komponen hewani."

Fatwa itu menambahkan, jawaban ini berkaitan dengan diperbolehkannya vaksin secara Islam. Keputusan untuk menggunakan vaksin adalah keputusan pribadi yang dibuat oleh setiap individu.

"Direkomendasikan agar individu membaca brosur informasi pasien untuk memahami manfaat dan risikonya dan juga berdiskusi dengan profesional medis jika mereka memerlukan informasi lebih lanjut," kata fatwa tersebut.

Kekhawatiran tentang pengambilan gambar yang berisi barang-barang yang dilarang menurut hukum Islam terus berlanjut di negara-negara mayoritas Muslim. Malaysia baru-baru ini menandatangani kesepakatan dengan Pfizer Inc. untuk mendapatkan vaksin Covid-19 yang akan mencakup 6,4 juta orang, mulai awal tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement