Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Monster dalam Film Fantasi Ilmiah yang Dinilai Aneh

Rabu 09 Dec 2020 17:58 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Monster The Crawling Eye dalam film horor The Trollenberg Terror.

Monster The Crawling Eye dalam film horor The Trollenberg Terror.

Foto: Eros Films Ltd.
Dalam beberapa film, tak jarang ditemukan karakter monster yang 'unik'.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Jika membahas seputar sosok monster dalam film fiksi ilmiah atau fantasi, biasanya identik dengan buruk rupa, kotor atau menjijikan. Namun, ada pula yang cenderung berbentuk aneh.

Sosolnya melekat dalam ingatan dengan ciri khas tersendiri. Dilansir di laman Looper pada Rabu (8/12), tak jarang ditemukan karakter unik monster dalam film, di mana hal tersebut justru menunjukkan sisi orisinalitas karakter itu. Berikut beberapa monster yang dinilai paling aneh:

1. The Crawling Eye

Keanehan yang paling kentara terlihat dari bola matanya. Monster tersebut bertekstur lembut dan berisi segala macam cairan. The Crawling Eye merupakan sebuah fitur fiksi ilmiah Inggris pada 1958 yang juga dikenal sebagai The Trollenberg Terror.

Kehadiran sosok monster aneh ini justru membuat film tersebut disenangi oleh para penggemar film Mystery Science Theater 3000, serta pengagumnya seperti Stephen King, yang menjadikan makhluk mirip Mata Merangkak sebagai salah satu bentuk terakhir dari ancaman antarbintang dalam novelnya.

2. Pohon iblis berjalan

Pencipta efek khusus Paul Blaisdell menghadirkan beberapa monster dan alien yang tidak biasa dalam film horor fiksi ilmiah anggaran rendah pada 1950-an.

Semua monster Blaisdell terlihat seperti muncul dari gambar anak-anak (atau mimpi buruk), namun yang paling aneh ada Tabonga yaitu pohon iblis berjalan dalam film From Hell It Came pada 1957. Pohon itu menyimpan cerita tentang seorang pangeran Laut Selatan yang dijatuhi hukuman mati karena pembunuhan, kemudian tubuhnya kemudian dikuburkan dan ditinggalkan di batang pohon berlubang.

3. Alien dari Venus

Monster alien yang aneh bisa dilihat dalam film The Ship of Monsters yang mengisahkan kedatangan alien dari Venus yang mendarat di Meksiko. Pada 1960-an, alien datang untuk mengumpulkan spesimen jantan guna mengisi kembali planet mereka yang dilanda perang. Ada alien kecil bermata serangga dengan otak terbuka, cyclop bertelinga kelelawar yang mendengus, laba-laba yang gemetar, dan kerangka dengan rahang yang terus mengepak.

4. Matango

Toho Studios mendapatkan basis penggemar yang abadi berkat kekuatan monster raksasa, terutama dalam film Godzilla. Namun studio film tersebut juga mencoba lebih banyak menciptakan makhluk unik lainnya. Ini termasuk karakter paling berkesan dan sangat mengganggu yang tidak lain adalah Matango pada 1963, dalam sinema berjudul Attack of the Mushroom People.

5. Monster Frankenstein

Kisah ini dimulai pada 1965, di mana monster Frankenstein diangkut ke Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II. Frankenstein beregenerasi menjadi dua makhluk mirip kera raksasa sekaligus monster cokelat lembut dengan selera makan seperti manusia.

6. Monster kelinci

Hewan kelinci biasanya dianggap lucu dan menggemaskan. Namun tidak dalam film Night of the Lepus pada 1972, di mana kelinci dijadikan sebagai sosok monster yang siap memangsa kapan saja. Sutradara menggunakan set miniatur, efek gerak lambat, dan suara monster untuk membuat monster kelinci tampak mengancam.

7. Godmonster of Indian Flats

Film Godmonster of Indian Flats yang dirilis pada 1973 memperlihatkan monster seekor domba mutan. Hewan digambarkan layaknya benang kusut dan berkaki dua dengan anggota badan bermutasi. Monster digunakan sebagai metafora yang kacau untuk balas dendam alam terhadap segala macam penyakit sosial, termasuk eksploitasi industri dan penyalahgunaan ilmiah.

8. Vampir China

Sebagian besar budaya di dunia memiliki vampir dalam mitologinya. Akan tetapi vampir China atau yang dikenal sebagai jiangshi terbilang aneh. Meskipun mereka memiliki beberapa ciri yang mirip dengan vampir Barat, seperti kulit pucat atau hijau, mulut penuh gigi tajam, tidak suka sinar matahari, namun jiangshi tidak minum darah. Sebaliknya, mereka memakan kekuatan hidup korban mereka atau qi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA