Rabu 09 Dec 2020 17:12 WIB

Masker Tetap Harus Dipakai Setelah Divaksin Virus Corona

Hidung adalah pintu masuk utama, virus berkembang biak dengan cepat di sana

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Produk Vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna dari Amerika Serikat
Foto: VOA
Produk Vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna dari Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Vaksin Covid-19 baru dari Pfizer dan Moderna tampaknya sangat baik dalam mencegah penyakit serius. Tetapi tidak jelas seberapa baik kedua vaksin ini akan mengekang penyebaran virus corona.

Itu karena uji coba Pfizer dan Moderna hanya melacak berapa banyak orang yang divaksinasi yang jatuh sakit karena Covid-19. Itu membuka kemungkinan bahwa beberapa orang yang divaksinasi terinfeksi tanpa menunjukkan gejala, dan kemudian dapat menularkan virus tanpa diketahui, terutama jika mereka melakukan kontak dekat dengan orang lain atau berhenti memakai masker.

Baca Juga

Jika orang yang divaksinasi adalah penyebar virus yang diam-diam, mereka mungkin tetap menyebarkannya di komunitas mereka, menempatkan orang yang tidak divaksinasi pada risiko.

“Banyak orang berpikir bahwa setelah mereka divaksinasi, mereka tidak perlu memakai masker lagi. Sangat penting bagi mereka untuk mengetahui apakah mereka harus tetap memakai masker, karena mereka masih bisa menularkan,” kata Michal Tal, ahli imunologi di Universitas Stanford, dilansir di New York Times, Rabu (9/12).

Pada sebagian besar infeksi saluran pernapasan, termasuk virus corona baru, hidung adalah pintu masuk utama. Virus berkembang biak dengan cepat di sana, mengguncang sistem kekebalan untuk menghasilkan sejenis antibodi yang khusus untuk mukosa, jaringan lembab yang melapisi hidung, mulut, paru-paru, dan perut.

Jika orang yang sama terpapar virus untuk kedua kalinya, antibodi tersebut, serta sel kekebalan yang mengingat virus tersebut, dengan cepat mematikan virus di hidung sebelum mendapat kesempatan untuk bertahan di tempat lain di tubuh.

Vaksin virus corona, sebaliknya, disuntikkan jauh ke dalam otot dan dengan cepat diserap ke dalam darah, di mana mereka merangsang sistem kekebalan untuk memproduksi antibodi. Ini tampaknya merupakan perlindungan yang cukup untuk menjaga orang yang divaksinasi agar tidak jatuh sakit.

Beberapa dari antibodi tersebut akan bersirkulasi ke mukosa hidung dan berjaga di sana, tetapi tidak jelas berapa banyak kumpulan antibodi yang dapat dimobilisasi, atau seberapa cepat. Jika jawabannya tidak banyak, maka virus bisa bermunculan di hidung, dan bersin atau menghembuskan nafas untuk menginfeksi orang lain.

“Ini perlombaan: Tergantung apakah virus dapat bereplikasi lebih cepat, atau sistem kekebalan dapat mengendalikannya lebih cepat,” kata Marion Pepper, ahli imunologi di University of Washington di Seattle.

Inilah sebabnya mengapa vaksin mukosa, seperti semprotan hidung FluMist atau vaksin polio oral, lebih baik daripada suntikan intramuskular dalam menangkis virus pernapasan.

Generasi berikutnya dari vaksin virus corona dapat memperoleh kekebalan di hidung dan seluruh saluran pernapasan, tempat yang paling membutuhkannya. Atau orang bisa mendapatkan suntikan intramuskular diikuti dengan dorongan mukosa yang menghasilkan antibodi pelindung di hidung dan tenggorokan.

Vaksin virus corona telah terbukti menjadi perisai yang ampuh melawan penyakit parah, tetapi itu bukan jaminan kemanjurannya di hidung. Paru-paru - tempat munculnya gejala yang parah, jauh lebih mudah diakses oleh antibodi yang bersirkulasi daripada hidung atau tenggorokan, sehingga lebih mudah untuk diamankan.

“Mencegah penyakit parah adalah yang paling mudah, mencegah penyakit ringan lebih sulit, dan mencegah semua infeksi adalah yang paling sulit. Jika 95 persen efektif dalam mencegah penyakit simptomatik, itu akan menjadi sesuatu yang kurang dari itu dalam mencegah semua infeksi," kata Deepta Bhattacharya, ahli imunologi di Universitas Arizona.

Namun, dia dan para ahli lainnya mengatakan mereka optimis bahwa vaksin akan menekan virus bahkan di hidung dan tenggorokan untuk mencegah orang yang diimunisasi menyebarkannya ke orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement