Rabu 09 Dec 2020 16:41 WIB

Baru Berlayar, Kapal Pesiar Deteksi Satu Kasus Covid-19

Satu penumpang Quantum of The Seas terdeteksi positif Covid-19

Rep: Dwina Agustin/Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA - Para penumpang kapal pesiar Royal Caribbean terpaksa tetap berada di atas kapal hingga pelacakan kontak kasus Covid-19 selesai, Rabu (9/12). Hal ini dilakukan setelah satu penumpang Quantum of The Seas terdeteksi positif Covid-19.

Royal Caribbean dan Singapore Tourism Board (STB) mengatakan semua penumpang dan kru Quantum of the Seas yang melakukan kontak dekat dengan tamu pria berusia 83 tahun yang terinfeksi, harus dinyatakan negatif untuk virus tersebut sebelum keluar kapal. "Penumpang dan awak yang tersisa akan tetap berada di dalam kamar mereka sampai pelacakan kontak selesai," kata Annie Chang, direktur segmen kapal pesiar di STB.

Baca Juga

Mereka semua akan menjalani pengujian wajib Covid-19 sebelum meninggalkan pelabuhan dan akan diberikan pembaruan rutin. Ketersediaan makanan pun langsung diantar ke kamar para penumpang.

"Ini jelas bukan akhir yang kami cari," ujar salah satu penumpang bernama Rizal Ramli. "Kami hanya disuruh menunggu di kamar kami dan mereka akan memberi kami pengumuman lebih lanjut," ujarnya menambahkan.

Pelayaran oleh Royal Caribbean dari Singapura dimulai pekan lalu dan hanya terbuka untuk penduduk Singapura. Pelayaran itu tidak berhenti dan berlayar di lepas negara kota. Quantum of the Seas kemudian kembali lagi ke Singapura pada Rabu (9/12) pukul 08.00, sehari sebelum akhir dari rencana pelayarannya empat hari.

Awalnya, satu penumpang yang terinfeksi telah melapor ke pusat medis dalam pesawat dengan keluhan diare. Dia juga telah menjalani tes PCR sebagai bagian dari protokol. "Penumpang tersebut telah melakukan tes PCR Covid-19 wajib sebelum naik dan dinyatakan negatif," kata STB.

Kapal pesiar tersebut adalah bagian dari rencana Singapura untuk menghidupkan kembali industri pariwisatanya yang telah terpukul akibat virus corona baru. Singapura telah mencatat kasus infeksi Covid-19 lebih dari 58 ribu kasus dan 29 kematian. Negara tersebut juga telah melaporkan kurang dari segelintir infeksi lokal dalam beberapa pekan terakhir.

Kasus di kapal pesiar yang terjadi adalah kemunduran lain bagi Singapura setelah rencana untuk membuka pengaturan perjalanan udara bebas karantina dengan Hong Kong bulan lalu. Bagian dari tindakan pencegahan untuk memulai kembali kapal pesiar di Singapura melibatkan pengujian pra-keberangkatan dan bagi para tamu untuk membawa alat pelacak kontak elektronik dan ke jarak sosial setiap saat.

Kontak dekat kasus yang terinfeksi akan ditempatkan di karantina atau pengawasan kesehatan. Sementara yang lain perlu memantau kesehatan mereka, sambil melanjutkan aktivitas rutin termasuk pergi ke sekolah atau bekerja dan menjalani tes usap di akhir periode pemantauan 14 hari.

'Pelayaran ke mana-mana' oleh Royal Caribbean adalah salah satu pelayaran pertama sejak perusahaan menghentikan operasi global pada Maret karena virus corona. Laman Strait Times mencatat terdapat 1.680 tamu dan 1.148 anggota kru di dalamnya.

Industri kapal pesiar global telah terpukul besar akibat pandemi. Beberapa kasus banyak yang ditemukan pada penumpang dan awak kapal pada awal-awal pandemi.

Dalam satu kasus pada Februari di lepas pantai Jepang, penumpang terjebak selama berminggu-minggu di atas kapal pesiar Diamond Princess. Lebih dari 700 tamu dan awak terinfeksi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement