Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Cerita Rasa: Menjaga Warisan Budaya dari Semangkuk Bubur Ase

Rabu 09 Dec 2020 16:30 WIB

Rep: Havid Al Vizki/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Bubur Ase merupakan makanan khas betawi yang telah lama ada di Jakarta.

Foto: Havid Al Vizki/RepublikaTV
EMBED
Bubur ase, merupakan makanan khas betawi yang telah lama ada di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pepatah "dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung" sepertinya tidak bisa diterapkan dengan baik di Ibu kota DKI Jakarta. Karena, Ibu kota telah menjadi tempat aneka ragam budaya berkumpul menjadi satu. Salah satunya yakni makanan.

Makanan bisa menjadi simbol  untuk mempopulerkan daerah tersebut. Misalnya, rendang dari Sumatera Barat, Gudeg dan Yogyakarta dan lainnya. Berbeda dengan daerah lainnya. Jakarta lebih dikenal oleh masyarakat luas karena kerak telornya. Padahal, ada salah satu makanan khas Jakarta yang telah lama ada sejak dahulu, yaitu bubur ase.

Bubur ase, merupakan makanan khas betawi yang telah lama ada di Jakarta. Berbeda dari bubur ayam khas Cianjur atau Cirebon, Bubur Ase dari betawi memiliki campuran yang sangat khas. Bubur ase merupakan paduan semur daging dan asinan betawi. Dari situlah nama ase tercetus. Ase merupakan campuran kata asinan dan semur.

Rasa manis gurih serta disajikan dengan aneka sayuran membuat bubur ase sangat menggugah selera untuk dinikmati saat sarapan.

Lalu, dimanakah bisa menemukan bubur ase di Jakarta? Silakan nikmati program terbaru dari Republika TV, Cerita Rasa.

Pada episode perdana ini kami menampilkan bubur ase Bang Lopi yang sangat terkenal sejak lama. Bagi kalian yang penasaran akan kenikmatan bubur ase, bisa kalian nikmati tayangan ini.

 

 

Videografer | Havid Al Vizki, Fian Firatmaja

Video Editor | Fian Firatmaja

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA