Rabu 09 Dec 2020 14:19 WIB

Lima Tewas dalam Kecelakaan Helikopter di Pegunungan Alpen

Sebuah helikopter jatuh di Pegunungan Alpen Prancis pada Selasa (8/12)

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Sebuah helikopter jatuh di Pegunungan Alpen Prancis pada Selasa (8/12). Ilustrasi.
Foto: Reuters/Emmanuel Foudrot
Sebuah helikopter jatuh di Pegunungan Alpen Prancis pada Selasa (8/12). Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Sebuah helikopter jatuh di Pegunungan Alpen Prancis pada Selasa (8/12). Lima dari enam orang yang menumpangi helikopter tersebut tewas.

Helikopter tipe Eurocopter EC135 itu dimiliki oleh Service Aérien Farnçais, sebuah perusahaan yang melakukan misi pencarian dan penyelamatan serta layanan udara lainnya di seluruh Prancis. Helikopter dilaporkan jatuh di dekat kota Bonvillard di daerah Savoie saat tengah melakukan misi pelatihan.

Baca Juga

Menurut otoritas berwenang setempat, lokasi jatuhnya helikopter berada di ketinggian 1.800 meter. Awak kapal terdiri dari dua pilot, dua operator winch, dan dua petugas penyelamat gunung.

Seorang pilot berhasil selamat dari kecelakaan tersebut. Dia membunyikan alarm sekitar pukul 19.10 waktu setempat setelah berhasil keluar dari helikopter. Ia ditemukan oleh regu penyelamat yang berjalan kaki ke dekat lokasi kejadian.

Tiga helikopter telah dikirim untuk misi evakuasi dan penyelamatan. Namun mereka belum dapat mencapai lokasi karena kabut. Penyebab terjadinya insiden masih belum diketahui. Namun cuara buruk diyakini menjadi faktor utama yang menyebabkan peristiwa itu.

Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban. Dia menyebut mereka yang meninggal dalam kecelakaan itu merupakan pahlawan. Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin mengatakan akan mengunjungi lokasi kejadian pada Rabu (9/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement