Rabu 09 Dec 2020 18:12 WIB

Tahun-Tahun Penuh Dusta yang Pernah Disabdakan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad pernah bersabda soal tahun-tahun penuh dusta.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Tahun-Tahun Penuh Dusta yang Pernah Disabdakan Nabi Muhammad. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Tahun-Tahun Penuh Dusta yang Pernah Disabdakan Nabi Muhammad. Foto: Rasulullah SAW. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW  telah memperingatkan umat manusia bahwa akan datang tahun-tahun penuh dusta menimpa manusia.

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, di tahun-tahun penuh dusta itu, pendusta dipercaya sementara orang yang jujur dituduh berdusata. Rasulullah SAW juga menyampaikan bahwa di tahun-tahun penuh dusta ini amanat akan diberikan kepada penghianat.

Baca Juga

Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda, "Akan datang tahun-tahun penuh dengan kedustaan yang menimpa manusia, pendusta dipercaya, orang yang jujur didustakan, amanat diberikan kepada pengkhianat, orang yang jujur dikhianati, dan Ruwaibidlah turut bicara."

Lalu Rasulullah SAW ditanya, "Apakah Ruwaibidlah itu?" Rasulullah SAW menjawab, "Orang-orang bodoh yang mengurusi urusan perkara umum." (Sunan Ibnu Majah)

Dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW juga memperingatkan umat manusia tentang bahaya fitnah. Rasulullah SAW mengatakan ketika datang fitnah maka akan ada orang yang menjual agamanya dengan barang kenikmatan dunia.

Abu Hurairah mengatakan Rasulullah SAW bersabda, "Segeralah beramal sebelum datangnya fitnah seperti malam yang gelap gulita. Di pagi hari seorang laki-laki dalam keadaan mukmin, lalu kafir di sore harinya. Di sore hari seorang laki-laki dalam keadaan mukmin, lalu kafir di pagi harinya. Dia menjual agamanya dengan barang kenikmatan dunia." (HR Muslim)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement