Rabu 09 Dec 2020 10:50 WIB

Wali Kota Bandung Minta Saluran Air Dibersihkan Cegah Banjir

Saat hujan turun, tutup saluran yang hilang itu bisa menimbulkan kecelakaan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Edi Yusuf/Republika
Wali Kota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengintruksikan kepada kepala dinas, camat dan lurah untuk membersihkan saluran-saluran air untuk mencegah terjadinya banjir. Ia pun mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing di musim penghujan.

"Dinas-dinas terkait harus semakin bekerja keras membersihkan saluran-saluran air, mengangkat sedimentasi sungai dan selokan dan membersihkan drainase jalan," ujarnya, Selasa (8/12).

Menurutnya, langkah antisipasi perlu dilakukan untuk mencegah bencana banjir dan meminimalisasi genangan air. Ia mengatakan, pihaknya juga meminta dinas terkait untuk memperbaiki jalan berlubang dan mengganti tutup saluran dengan yang baru jika hilang.

"Saat hujan turun, (tutup saluran hilang) itu bisa menimbulkan kecelakaan," ungkapnya. Ia mengajak masyarakat dan seluruh aparat kewilayahan untuk bergotong royong melakukan kerja bakti.

"Masalah ini tidak bisa hanya mengandalkan Pemerintah Kota Bandung. Kita harus bersama-sama menjaga lingkungan kita. Kalau bukan kita, siapa lagi," ujar dia.

Oded juga mengimbau para pengguna kendaraan bermotor untuk lebih berhati-hati dan waspada saat hujan. Selain itu ia mengajak orang tua untuk menjaga anak-anaknya saat hujan terjadi dan tidak membiarkan mereka keluar.

"Kepada pengendara sepeda motor, saya mengimbau lebih berhati-hati di kala air deras saat hujan. Lebih waspada saat berkendara melewati kawasan yang banyak pohon," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement