Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Gibran Ajak Warga Datang ke TPS

Rabu 09 Dec 2020 09:41 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Indira Rezkisari

Calon Wali Kota Solo yang diusung PDIP, Gibran Rakabuming Raka, datang ke TPS untuk menggunakan hak suara dalam Pilkada Solo 2020, Rabu (9/22). Gibran datang bersama istrinya, Selvi Ananda, dan adiknya, Kaesang Pangarep.

Calon Wali Kota Solo yang diusung PDIP, Gibran Rakabuming Raka, datang ke TPS untuk menggunakan hak suara dalam Pilkada Solo 2020, Rabu (9/22). Gibran datang bersama istrinya, Selvi Ananda, dan adiknya, Kaesang Pangarep.

Foto: Republika/Binti Sholikah
Gibran mencoblos ditemani istrinya dan adiknya Kaesang.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Calon Wali Kota Solo yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gibran Rakabuming Raka, menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020, Rabu (9/12). Gibran terdaftar di TPS 22 RT 04/RW 13 Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Gibran datang bersama istrinya, Selvi Ananda, serta adiknya, Kaesang Pangarep. Mereka bertiga tiba di TPS pada pukul 08.35 WIB dengan mobil Pajero Sport.

Baca Juga

Gibran terlihat mengenakan kemeja panjang motif garis-garis warna biru dan merah muda. Selvi mengenakan blus motif bunga-bunga. Sedangkan Kaesang mengenakan jaket jins.

Putra dan menantu Presiden Joko Widodo tersebut mengikuti protokol kesehatan lantaran Pilkada dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19. Ketiganya mengenakan masker, mencuci tangan setibanya di TPS, lalu mengenakan sarung tangan plastik yang sudah disediakan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Setelah menyerahkan surat undangan dan identitas, mereka diberikan kertas suara dan mencoblos di bilik yang disediakan. Selanjutnya, surat suara dimasukkan ke dalam kotak suara dan jari tangan ditetesi tinta oleh petugas KPPS.

Gibran berharap pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Solo berjalan dengan lancar. "Semoga lancar sampai sore nanti. Terima kasih sekali untuk para petugas yang sudah bekerja keras pada hari ini," ucap pengusaha kuliner tersebut kepada wartawan seusai memberikan hak suara.

Gibran juga mengajak agar warga Solo datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. "Silakan datang ke TPS. TPS dipastikan aman, nyaman dan steril. Jangan lupa bawa bawa masker," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPPS 22 Manahan, Toto Saronto, mengatakan keluarga Presiden Jokowi yang terdaftar di TPS tersebut yakni Gibran, Selvi dan Kaesang. Sedangkan anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu sudah tidak terdaftar.

Persiapan yang dilakukan sejak Ahad (6/12) petugas KPPS sudah memasang kajang, kemudian menata meja dan kursi pasa Selasa (8/12). Selain itu, dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dimulainya pemungutan suara. "Kita bersama-sama menjaga pelaksanaan pemungutan suara biar aman dan lancar," ucap Toto kepada wartawan.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdaftar di TPS 22 Manahan sebanyak 314 DPT. Toto menyebut, setelah petugas KPPS mendistribusikan formulir undangan, belum ada laporan warga yang melakukan isolasi mandiri. Selain itu, KPU sudah menyediakan baju hazmat untuk berjaga-jaga.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler