Rabu 09 Dec 2020 08:40 WIB

Lagi, BTS Jadi Akun K-Pop Paling Banyak Dicicit di Twitter

Empat tahun berturut-turut BTS jadi akun K-Pop paling ramai di jagat Twitter.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Boyband BTS.
Foto: AP
Boyband BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Twitter membagikan analisis akun dan cicitan dari pengguna di seluruh dunia pada 2020. Bersama dengan tagar #ThisHappened, Twitter mengungkapkan peringkat akun K-Pop yang paling banyak dicicit pada 2020 secara global.

Tahun ini, BTS (@BTS_twt) menjadi akun paling banyak dicicit ulang, akun K-Pop paling banyak dicicit, dan akun musisi paling banyak dicicit ulang secara global. Sejak 2017, BTS selalu merajai #ThisHappened. Artinya, 2020 menjadi tahun keempat berturut-turut, di mana BTS menjadi akun yang paling banyak dicicit.

Baca Juga

BTS juga menempati posisi No. 2 di bawah daftar untuk cicitan paling banyak yang dicicit ulang. Unggahan dengan video sampul Jungkook dari lagu “Never Not” milik Lauv memiliki total 35 juta penayangan, 1,6 juta cicitan ulang, dan tiga juta tanda suka. Artinya, unggahan itu adalah cicitan yang paling banyak dicicit ulang, setelah cicitan kematian aktor Chadwick Boseman.

Di antara cicitan terkait K-pop, lima cicitan teratas dengan jumlah suka terbanyak semuanya berasal dari akun Twitter BTS. Di tempat pertama adalah unggahan yang dibuat oleh V BTS, yang membagikan, “Hi Army” bersama dengan dua foto. Unggahan itu mendapat 3,2 juta tanda suka.

Di tempat kedua dan ketiga adalah cicitan video sampul Jungkook, dan di tempat keempat adalah unggahan BTS yang mengungkapkan kegembiraan mereka terhadap Army, karena menjadi artis Korea pertama yang menduduki puncak Hot 100 Billboard. Nomor 5 adalah unggahan yang ditulis RM untuk merayakan ulang tahunnya.

Akun K-Pop kedua yang paling banyak dicicit di seluruh dunia adalah EXO (@weareoneEXO). Suho dan Kai mengumpulkan banyak perhatian pada tahun ini, ketika mereka mengumumkan aktivitas solonya. Pada Maret, Suho mengadakan Twitter Blueroom secara langsung untuk merayakan promosi solonya, dan cicitan yang mengumumkan debut solo Kai menerima 310 ribu suka dan 140 ribu kali dicicit ulang.

Di tempat ketiga untuk akun K-Pop Most-Tweeted secara global adalah Blackpink (@BLACKPINK). Grup itu juga menempati peringkat tujuh di antara Musisi yang Paling Banyak Di-Tweet di seluruh dunia. Mengikuti Blackpink dalam daftar akun K-Pop yang Paling Banyak Dicicit adalah Seventeen (pledis_17) di No. 4; GOT7 (@GOT7Official) di No. 5; NCT 127 (@NCTsmtown_127) di No. 6; TXT (@TXT_members) di No. 7; Ateez (@ATEEZofficial) di No. 8; Treasure (@treasuremembers) di No. 9; dan Stray Kids (@Stray_Kids) di No. 10.

Selanjutnya, berdasarkan analisis kata kunci yang disebutkan, Top 10 Musisi di seluruh dunia adalah BTS di No. 1 dan Blackpink di No 7. Bersama dengan kedua grup, posisi No. 2 adalah Kanye West, No. 3 Beyoncé, No. 4 Rihanna , No. 5 Justin Bieber, No. 6 Cardi B, No. 8 Drake, No. 9 Ariana Grande, dan No. 10 Taylor Swift.

Pada awal September tahun ini, Twitter dan K-Pop Radar membagikan analisis tentang data K-Pop menggunakan cicitan yang dibuat di seluruh dunia selama 10 tahun. Data mengungkapkan Peta Dunia #KpopTwitter 2020, total 6,1 miliar cicitan terkait K-Pop dibuat dalam satu tahun terakhir. Data tersebut juga termasuk grafik yang menggambarkan perubahan K-Pop di seluruh dunia, serta daftar artis K-Pop yang paling banyak disebutkan, artis K-Pop yang naik daun, dan banyak lagi, dilansir dari Soompi, Rabu (9/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement