Rabu 09 Dec 2020 07:24 WIB

Jabar Explore 2020 Dinilai Bisa Dongkrak Pariwisata

Jabar Explore 2020 akan menyusuri lokasi wisata yang belum banyak dikunjungi.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nora Azizah
Foto: Wisata Mini Ranch Sapi Pasundan, Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Foto: ADENG BUSTOMI/ANTARA
Foto: Wisata Mini Ranch Sapi Pasundan, Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Tim Jabar Explore 2020 melintasi Kabupaten Ciamis, Selasa (8/12). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis menilai, program itu secara tidak langsung akan membantu mempromosikan tempat wisata di Kabupaten Ciamis.

"Kami atas nama Pemkab Ciamis mengapresiasi kegiatan Jabar Explore yang akan mendatangi tempat wisata di Ciamis yang belum terekpos ke khalayak ramai," kata Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, melalui keterangan resmi, dikutip Rabu (9/12).

Baca Juga

Ia berharap, kegiatan dengan kegiatan tersebut, tempat-tempat pariwisata di Ciamis dapat menjadi tujuan para wisatawan. Dengan begitu, akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Ciamis. 

Menurut dia, bengan banyaknya kunjungan wisatawan, perekonomian di Kabupaten Ciamis akan terdongkrak. "Minimal dapat mendongkrak perekonomian masyarakat minimal untuk lingkungan tempat wisata itu, dan lebih luasnya untuk Kabupaten Ciamis," kata Yana.

 

Sementara itu, perwakilan tim Jabar Explore 2020, Edi Brokoli mengatakan, sejumlah tempat pariwisata di Kabupaten Ciamis memang sudah banyak yang terkenal. Namun, masih banyak juga yang harus dikenalkan kepada masyarakat luas.

"Maka dari itu kami akan menyusuri tempat-tempat tersebut agar bisa diketahui khalayak ramai," kata Edi. 

Ia menambahkan, tim Jabar Explore nantinya akan mengunjungi tempat-tempat yang memiliki potensi wisata. Selain itu, tim akan mendokumentasikan untuk disebarkan ke masyarakat luas, sehingga dapat menarik wisatawan ke Ciamis. 

"Dokumen tempat wisata itu nantinya akan disebarkan sehingga orang menjadi tertarik mengunjungi tempat itu," kata dia.

Sebelumnya, tim Jabar Explore juga melintas di Kabupaten Garut pada Ahad (6/12). Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menyambut dengan baik inisatif dari Jabar Explore dalam hal memperkenalkan potensi wisata di Kabupaten Garut agar lebih dikenal oleh masyarakat banyak. 

“Saya menyambut baik atas inisiatif dari Jabar Explore untuk mengeksplor potensi potensi wisata di Kabupaten Garut, sehingga bisa lebih dikenal lebih menjadi penasaran untuk di kunjungi dan tentu bagi Kabupaten Garut sendiri,” kata dia.

Helmi berharap, kegiatan Jabar Explore dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut. Dengan begitu, masyarakat Garut dapat merasakan manfaat dari potensi wisata yang ada di Kabupaten Garut.

Tak hanya itu, kegiatan Jabar Explore juga diharapkan dapat membawa dampak baik bagi menyisir para pelaku usaha UMKM. Dengan begitu, para pelaku UMKM bisa tetap berjalan di masa pandemi Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement