Rabu 09 Dec 2020 05:44 WIB

BMH Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

BMH juga memberikan trauma healing dan motivasi untuk para  pengungsi.

BMH Perwakilan Jawa Timur kembali adakan aksi lanjutan untuk membantu para pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru, Ahad  (6/12).
Foto: Dok BMH
BMH Perwakilan Jawa Timur kembali adakan aksi lanjutan untuk membantu para pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru, Ahad (6/12).

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Dampak letusan sekunder tumpukan material vulkanis awan panas Semeru membuat kepanikan warga. Petugas langsung mengarahkan warga ke jalur pengungsian dan evakuasi, Ahad  (6/12) sore.

Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) perwakilan Jawa Timur kembali adakan aksi lanjutan untuk membantu para pengungsi akibat erupsi Gunung Semeru, Ahad  (6/12)  dengan menyerahkan bantuan logistik, sembako dan perlengkapan tidur di dua titik pos pengungsian warga.

Lokasi pengungsian tersebut di Desa Sapiturang,  Kecamatan  Pronojiwo dan di Dusun Kajarkuning Desa Sumberwuluh,  Kecamatan  Candipuro,  Kabupaten  Lumajang.

"Ada sekitar 350 penerima manfaat dari bantuan yang diberikan oleh BMH.  Selain itu Laznas BMH juga memberikan trauma healing dan motivasi untuk para warga pengungsi," ucap Imam Muslim selaku kepala Divisi Progam Laznas BMH perwakilan Jatim  dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Saat ini bantuan yang sudah didistribusikan berupa paket sembako beras, minyak goreng dan  beberapa alat kebutuhan mendesak seperti selimut dan lain sebagainya. 

photo
Posko BMH untuk membantu pengungsi erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jatim. (Foto: Dok BMH)

Salah satu warga pengungsi  penerima bantuan, Bapak Irul (40) merasa bersyukur masih bisa selamat bersama keluarganya.

"Meski berat dengan adanya bencana erupsi ini, tapi Alhamdulillah, saya masih bisa menyelamatkan diri bersama keluarga. Saat ini kami berada di tempat  pengungsian. Terima kasih BMH atas bantuannya," ujar  Irul.

Sementara Posko Gabungan BMH berada diradius aman dari lokasi erupsi tepat di Perum Biting  Blok A6 No. 8 Kelurahan  Kutorenon,  Kecamatan  Sukodono,  Kabupaten  Lumajang.

"Bagi pengungsi yang sedang mengalami keadaan gawat darurat bisa datang ke posko gabungan BMH, karena kami juga memberikan layanan ambulan gratis," tutup Imam Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement