Selasa 08 Dec 2020 22:34 WIB

Jamu MU, RB Leipzig Usahakan Kekalahan Telak tak Terulang

Leipzig memang masih memiliki asa untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih  Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer akan beradu strategi dengan pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann pada pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions.
Foto: DOK REPUBLIKA
Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer akan beradu strategi dengan pelatih RB Leipzig Julian Nagelsmann pada pertandingan terakhir penyisihan grup Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Lima gol bersarang di gawang RB Leipzig saat melawat ke markas Manchester United di laga kedua babak penyisihan Grup H Liga Champions, akhir Oktober silam. Kini, RB Leipzig bersiap menjamu United di Stadion Red Bull Arena pada laga pamungkas penyisihan Grup H, Rabu (9/12) dini hari WIB.

Pelatih Leipzig, Julien Nagelsmann, mengaku, telah belajar banyak dari kekalahan atas United di pertemuan pertama antara kedua tim tersebut di penyisihan Grup H tersebut. Menurut pelatih berusia 33 tahun tersebut, berkaca dari pertemuan pertama, United merupakan tim dengan pertahanan yang solid.

Lini belakang United, tutur Nagelsmann, selalu mampu mengantisipasi setiap umpan lambung ataupun peluang dari sisi lapangan. Karena itu, Die Rotten Bullen akan menerapkan pendekatan sedikit berbeda kala melancarkan serangan ke lini belakang United di pertemuan kedua dengan Setan Merah. 

''Laga pertama menunjukan, kami perlu memiliki pendekatan yang berbeda di skema serangan. Kami harus memiliki banyak variasi, pergerakan pemain yang dinamis, dan sesegera mungkin mengalirkan bola ke belakang lini pertahanan mereka,'' tutur Nagelsmann seperti dilansir laman resmi UEFA, Selasa (8/12).

Tidak hanya soal pengalaman di pertemuan pertama, Nagelsmann juga mewaspadai tren positif penampilan United di laga tandang. Dalam lima laga tandang di Liga Primer Inggris musim ini, United selalu mampu bangkit dan memetik kemenangan, meski sempat tertinggal lebih dulu. Terakhir, United sukses mengemas tiga angka lewat kemenangan, 3-1, atas West Ham United. Padahal, United sempat tertinggal 1-0 di laga tersebut.

Kemampuan Setan Merah untuk bisa bangkit itu menjadi sorotan tersendiri buat Nagelsmann. ''Jadi, saat menghadapi mereka, laga belum berakhir sampai benar-benar berakhir. Kami ingin melangkah ke babak 16 besar. Kami akan berjuang habis-habisan untuk bisa meraih tiga angka di laga ini,'' tutur mantan pelatih Hoffenheim tersebut.

Kendati berada di peringkat ketiga, tapi Leipzig memang masih memiliki asa untuk bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Semifinalis Liga Champions musim lalu tersebut mengantongi poin yang sama dengan United, sembilan poin dari lima laga. 

Namun, lantaran kalah jumlah selisih gol dari United, maka Die Rotten Bullen mesti bisa memetik kemenangan di laga ini. Leipzig masih bisa lolos apabila memetik hasil imbang di laga ini, asalkan di laga lainnya Paris Saint-Germain kalah di tangan Basaksehir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement