Rabu 09 Dec 2020 02:55 WIB

Berkumur atau Minum Jus Lemon Bisa Tangkal Virus Corona?

Minum air lemon memang kebiasaan baik karena kaya vitamin C.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman dari lemon.  Sebagian orang meyakini, lemon bakal memicu kondisi alkali tubuh sehingga virus corona menjauh. Anggapan itu ternyata keliru.
Foto: Dok Plataran Dharmawangsa
Minuman dari lemon. Sebagian orang meyakini, lemon bakal memicu kondisi alkali tubuh sehingga virus corona menjauh. Anggapan itu ternyata keliru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang berkumur menggunakan jus lemon atau air lemon dengan harapan bisa melindungi mereka dari infeksi corona. Ada pula yang rutin meminumnya karena menganggap air lemon kaya vitamin C sehingga meningkatkan imun tubuh.

Faktanya, jus lemon serta air lemon memang penanganan pertama yang mudah dibuat di rumah guna menangkal batuk, pilek, atau pencegahan batu ginjal. Hanya saja, kedua minuman tersebut tidak efektif menjauhkan Covid-19.

Baca Juga

Sebagian orang meyakini, lemon bakal memicu kondisi alkali tubuh sehingga virus corona menjauh. WebMD menyanggah dengan mengatakan belum ada bukti mengenai hal itu, bahkan menyebutnya bertentangan dengan ilmu medis.

Meski tidak bisa menangkal secara langsung, minum air lemon tetap merupakan kebiasaan baik karena kaya vitamin C. Kandungan vitamin tersebut bersifat antioksidan dan membantu tubuh lebih mudah menyerap zat besi dari makanan.

Vitamin C juga meningkatkan kesehatan usus dan sistem pernapasan. Laporan dari Harvard Health Publishing mengungkap bahwa konsumsi sedikitnya 200 miligram vitamin C setiap hari bisa mengurangi gejala flu.

Bagi orang dewasa, penurunannya sebesar delapan persen dan untuk anak-anak, penurunan risikonya sebesar 14 persen. Studi tersebut mengindikasikan bahwa vitamin C merupakan pencegah flu yang lumayan ampuh dan bisa diandalkan.

Vitamin C juga meningkatkan daya tahan tubuh bagi individu yang melakoni aktivitas ekstrem. Sebelum vaksin diuji coba dengan mumpuni dan terdistribusi merata, tidak ada salahnya melakukan pencegahan dengan konsumsi vitamin C.

photo
Manfaat air lemon untuk tubuh. - (Republika.co.id)

Kembali kepada buah lemon, beberapa manfaat kesehatan lainnya, yakni meredakan mual, mencegah asma, juga menurunkan risiko strok iskemik dan tekanan darah tinggi. Lemon pun terbukti berkhasiat mencegah radikal bebas.

Selain menjaga kekebalan tubuh, lemon pun dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalamnya tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Cara membuat air lemon sangat sederhana dan mudah. Siapkan air hangat dan tambahkan perasan setengah bagian buah lemon. Untuk menguatkan rasa, tambahkan cabai, daun mint, seiris jahe, madu, atau bahan lain sesuai selera, dikutip dari laman Times Now News, Selasa (8/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement