Selasa 08 Dec 2020 19:23 WIB

Termasuk Haaland, Skuad Dortmund Pincang Hadapi Zenit

Pelatih asal Swiss itu bertekad membawa Die Borussen mengakhiri penyisihan Grup F.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Erling Haaland (3-L) dari Dortmund dan rekan satu timnya merayakan keunggulannya yang 1-2 selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Hertha BSC Berlin dan Borussia Dortmund di Berlin, Jerman, 21 November 2020.
Foto: EPA-EFE/CLEMENS BILAN
Erling Haaland (3-L) dari Dortmund dan rekan satu timnya merayakan keunggulannya yang 1-2 selama pertandingan sepak bola Bundesliga Jerman antara Hertha BSC Berlin dan Borussia Dortmund di Berlin, Jerman, 21 November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT PETERSBURG -- Borussia Dortmund kehilangan sembilan pemain, termasuk striker Erling Haaland, dalam lawatan ke kandang Zenit Saint Petersburg pada laga pamungkas penyisihan Grup F Liga Champions, Rabu (9/12) dini hari WIB. Kendati begitu, pelatih Borussia Dortmund, Lucien Favre, menegaskan, timnya tetap menargetkan raihan tiga poin di laga yang bakal digelar di Stadion Krestovsky tersebut.

Kepastian melangkah ke babak 16 besar Liga Champions belum membuat Favre puas. Pelatih asal Swiss itu bertekad membawa Die Borussen mengakhiri penyisihan Grup F sebagai juara grup dengan torehan kemenangan di laga kontra Zenit. Telah menuntaskan lima laga, Dortmund sukse mengemas 10 poin dan bertengger di puncak klasemen sementara Grup F. 

''Kami sudah lolos ke babak 16 besar dan itu torehan penting. Namun, sangat penting buat kami untuk meraih kemenangan di laga ini, karena kami ingin berada di puncak klasemen akhir grup,'' tutur Favre seperti dilansir laman resmi UEFA, Selasa (8/12).

Namun, upaya Dortmund untuk memetik kemenangan di laga ini terganjal dengan kelengkapan skuat. Die Borussen tidak dapat menyertakan sembilan pemain, termasuk Erling Haaland, Thomas Meunier, Manuel Akanji, Thomas Delaney, dan Raphael Guerreiro. Pada deretan pemain ini merupakan pemain-pemain kunci di skuat utama Die Borussen.

Alhasil, Favre dikabarkan akan kembali melakukan rotasi pemain di skuat Die Borussen. Marco Reus dipercaya memimpin lini serang dan ditopang oleh Giovanni Reyna dan Jadon Sancho. Sementara di lini tengah, Axel Witsel diharapkan bisa menjaga keseimbangan permainan Dortmund. Witsel dikabarkan akan berduet dengan Jude Bellingham, yang akan diproyeksikan sebagai gelandang tengah. 

''Akhirnya, kami akan berupaya semaksimal mungkin dengan pemain yang kami miliki untuk bisa meraih kemenangan di laga ini. Kami harus bisa bersiap secara maksimal demi mendapatkan hasil memuaskan,'' tutur Favre.

Tidak hanya soal memastikan status sebagai juara grup, kemenangan di laga ini juga penting untuk mendongrak kembali kepercayaan diri para penggawa Die Borussen. Sejak memetik kemenangan, 3-0, atas Brugge, akhir bulan lalu, Dortmund tercatat tidak pernah lagi merasakan kemenangan. Runner-up Bundesliga musim lalu itu memetik satu kekalahan dan dua hasil imbang di tiga laga terakhir di semua ajang, termasuk saat ditahan imbang Eintracht Frankfurt, 1-1, akhir pekan lalu.

''Selain ingin mengakhiri penyisihan grup di puncak klasemen, kami ingin kembali ke jalur kemenangan. Apalagi, pada akhir pekan ini, kami akan melakoni laga berat di pentas liga dengan menghadapi Stuttgart,'' tutur gelandang Dortmund, Axel Witsel, di laman resmi klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement