Selasa 08 Dec 2020 18:45 WIB

SEA Games Kembali Pertandingkan Cabor Esports

Jika PUBG dipertandingkan, kesempatan Indonesia mendapatkan medali emas sangat besar.

Turnamen esports (ilustrasi).
Foto: DOK Piala Presiden Esports 2020
Turnamen esports (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada tahun depan, cabang olahraga (cabor) esports, dipastikan akan hadir kembali di ajang multi event SEA Games 2021, setelah pada Oktober 2020 lalu diumumkan secara resmi oleh The Southeast Asian Games Federation dan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, yang menjadi negara tuan rumah. 

Banyak yang berspekulasi bahwa beberapa nama game yang populer seperti salah satunya, PUBG Mobile, mungkin akan masuk menggantikan atau menambah cabor esports yang dipertandingkan.  

Sejak tahun 2019, cabor esports telah hadir dan resmi dipertandingkan di SEA Games 2019 Filipina. Terdapat enam macam gim daring (online game) yang dipertandingkan antara lain, Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Dota 2, Tekken 7, Starcraft dan Hearthstone. Namun sayangnya, saat itu, kontingen esports Indonesia gagal membawa emas dan hanya berhasil membawa pulang dua medali perak dari Mobile Legends dan Arena of Valor.

Melihat prestasi yang dimiliki tim Indonesia dalam berbagai kompetisi PUBG Mobile, baik di Asia Tenggara maupun dunia, kesempatan bagi tim Indonesia untuk mendapatkan medali emas akan sangat besar apabila mobile game ini masuk ke dalam cabor esports yang dipertandingkan di SEA Games 2021, yang akan berlangsung di bulan November mendatang. Belum lama ini pun, Salah satu anak bangsa, Made Bagas "Zuxxy" Pramudita yang tergabung dalam tim Bigetron Red Aliens berhasil memperoleh penghargaan "Esport Mobile Player Of The Year" yang dikeluarkan oleh Esports Awards 2020. 

Dikutip dari SensorTower, jumlah unduhan PUBG Mobile di seluruh dunia telah  mencapai 770 juta unduhan (untuk semua platform) dan sepanjang tahun 2020, PUBG Mobile telah mencatat lebih dari 198 juta unduhan baru. Komunitas yang terbentuk pun juga sudah sangat berkembang, terutama di Indonesia. Tagar #IndoPride selalu memenuhi jendela pesan dan sosial media para penggemar PUBG Mobile di Indonesia untuk mendukung tim Indonesia yang bertanding.

Pengumuman secara resmi cabor apa saja yang akan hadir di SEA Games 2021 di Vietnam rencananya baru akan diumumkan pada bulan Desember 2020 ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement