Selasa 08 Dec 2020 17:51 WIB

UII Jadi PTS Paling Lestari di Indonesia

UII menduduki peringkat delapan nasional.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta
Foto: Republika TV/Wahyu Suryana
Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Indonesia (UI) Green Metric World University Ranking telah mengumumkan peringkat perguruan tinggi sedunia bidang lingkungan berkelanjutan. Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menduduki peringkat delapan nasional.

Hadir dalam penganugerahan secara virtual Rektor UII, Prof Fathul Wahid, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan/Rumah Gagasan (BPP/RG), Dr Ilya Fadjar Maharika, dan Kepala Bidang Akademik dan Organisasi BPP/RG, Shubhi Mahmashony Harimurti.

UII mempertahankan raihan tahun lalu, menjadikan perguruan tinggi nasional pertama di Indonesia ini sebagai PTS paling lestari Indonesia. Rektor UII, Prof Fathul Wahid mengatakan, beragam ikhtiar dilakukan oleh UII dalam mewujudkan kampus lestari.

"Baik dari sisi desain, infrastruktur, energi dan isu kelestarian lingkungan. Wujud nyata UII jadi kampus berkelanjutan adalah keberadaan dua embung yang terus memberi efek kebermanfaatan. Dua embung itu menunjang ekosistem yang ada," kata Fathul, Senin (7/12).

Penilaian mulai pengaturan dan infrastruktur, energi dan perubahan iklim, limbah, air, transportasi, pendidikan dan penelitian, dan hampir dari semua indikator UII alami kenaikan poin. Secara global, UII meraih peringkat 112 dari 912 PT di 84 negara.

Jumlah kampus ini bertambah dari tahun lalu yang hanya 780 PT dan nilai UII alami kenaikan dari 6.925 pada 2019 dan menjadi 7.375 pada 2020. Kepala BPP/RG, Dr Ilya Fadjar Maharika merasa. UII patut bersyukur karena mampu mempertahankan peringkat.

"Terlebih, mendapatkan data di tengah situasi pandemi yang sangat tidak mudah," ujar Ilya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement