Selasa 08 Dec 2020 16:10 WIB

Karyawan Perempuan di Industri Saudi Meningkat 120 Persen

Saudi telah menjadikan sektor industri lebih menarik bagi perempuan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi pekerja perempuan. Perempuan Saudi mendapatkan lebih banyak pekerjaan karena badan swasta dan pemerintah berusaha menjangkau para perempuan yang memenuhi syarat di seluruh sektor ekonomi Saudi. Jumlah pekerja naik hingga 120 persen.
Foto: ANTARA/M RISYAL HIDAYAT
Ilustrasi pekerja perempuan. Perempuan Saudi mendapatkan lebih banyak pekerjaan karena badan swasta dan pemerintah berusaha menjangkau para perempuan yang memenuhi syarat di seluruh sektor ekonomi Saudi. Jumlah pekerja naik hingga 120 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Perempuan Arab Saudi mendapatkan lebih banyak pekerjaan karena badan swasta dan pemerintah berusaha menjangkau para perempuan yang memenuhi syarat di seluruh sektor ekonomi Saudi. Jumlah pekerja naik hingga 120 persen.

Otoritas Saudi untuk Kota Industri dan Zona Teknologi (MODON) mengungkapkan jumlah perempuan Saudi yang bekerja di kota-kota industri meningkat hampir 120 persen sehingga mencapai 17.000 pekerja perempuan pada akhir Maret tahun ini. Direktur Jenderal MODON, Khalid Al-Salem mengatakan pihak otoritas telah berkembang pesat dan masih mengupayakan pemberdayaan perempuan di sektor industri.

Dia menambahkan MODON telah menjadikan sektor industri lebih menarik bagi perempuan melalui inovasi produk pembiayaan, layanan, dan solusi yang sesuai dengan peran penting mereka dalam perekonomian nasional. Insentif untuk pekerja perempuan kian berkembang termasuk peluncuran oasis industri yang ditandai dengan ketersediaan pembibitan, ruang parkir, dan pusat medis dan rekreasi.

“Oasis-oasis ini menampung industri bersih seperti industri medis dan makanan, karet dan industri teknologi tinggi, serta pabrik pracetak yang mendukung pengusaha perempuan dari usaha kecil dan menengah,” kata Al-Salem, dilansir Arab News, Selasa (8/12).

Al-Salem menyebut akan ada peluncuran pabrik prefabrikasi kecil guna memungkinkan investasi perempuan di kota industry Dammam yang pertama di Saudi pada 2021. “MODON terus memberdayakan perempuan baik sebagai karyawan maupun sebagai investor dengan menciptakan lingkungan model dalam kemitraan dengan sektor publik dan swasta,” ujar dia.

Kesepakatan telah ditandatangani dengan perusahaan asuransi untuk memberikan layanan komprehensif bagi investor di kota-kota industri. MODON tengah berupaya mendukung produktivitas perempuan dengan menyediakan lingkungan yang optimal bagi pekerjaan mereka. Oleh karena itu, mereka menandatangani nota pemahaman dengan perusahaan pengembang bangunan untuk melaksanakan program pembibitan dan taman kanak-kanak di kota dan oasis industri di bawah bimbingan Kementerian Pendidikan.

Al-Salem menjelaskan strategi pemberdayaan industri dan peningkatan talenta lokal bertujuan untuk mengaktifkan peran perempuan dalam pembangunan industri sesuai dengan Visi Saudi 2030. Yakni bertujuan untuk meningkatkan perannya dalam perekonomian nasional.

“MODON berhasil meningkatkan jumlah perempuan Saudi di kota-kota industry dengan mencapai 17.000 pegawai perempuan pada akhir kuartal pertama tahun 2020 dibandingkan dengan 7.860 pada akhir 2018,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement