Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Pemekaran Cianjur Selatan Segera Diproses DPRD Jabar

Selasa 08 Dec 2020 11:51 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Barkah

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Barkah

Foto: Antara/Novrian Arbi
Ridwan Kamil telah menandatangani persetujuan tiga calon wilayah pemekaran.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ade Barkah Surahman, menjamin, usulan pemekaran Cianjur Selatan (Cisel) menjadi kabupaten baru segera diproses pada pembahasan berikutnya mengenai Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB) di DPRD Provinsi Jabar.

"Saya menjamin Cianjur Selatan diproses menjadi kabupaten baru, kalau persyaratannya sudah lengkap. Nanti akan dibahas dan Gubernur Jabar bersama anggota dewan akan menyetujui untuk diusulkan ke pusat, " kata Ade Barkah.

DOB Cianjur Selatan akan diusulkan pada proses berikutnya, menyusul tiga daerah yang dibahas lebih dahulu mekar karena usulan dan persyaratannya lebih dulu masuk ke pemprov, sedangkan pengajuan untuk pemekaran Cianjur Selatan baru disampaikan ke DPRD Provinsi Jabar.

Proses untuk CDOB tiga kabupaten baru di Jabar, yakni Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan dan Kabupaten Bogor Barat, segera diajukan ke pusat untuk disahkan. Bahkan penandatanganan persetujuan tiga calon wilayah pemekaran tersebut, telah dilakukan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan DPRD Jabar dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar.

"Cianjur Selatan akan dibahas dan diusulkan ke pemerintah pusat bersama dengan CDOB lainnya karena target pemekaran di Jabar cukup banyak yang akan diusulkan," katanya.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar dan DPRD Provinsi Jabar, sebagai bentuk dorongan terbentuknya Kabupaten Cianjur Selatan, dapat segera terwujud sesuai keinginan sebagian besar warga selatan agar berbagai pembangunan dapat cepat dilakukan.

"Kami juga akan terus mendorong pemprov dan anggota dewan di Jabar, agar tidak berlama-lama dalam membahas pemekaran yang persyaratannya sudah lengkap tinggal diajukan ke pusat. Mengenai persyaratan hal administratif lainnya, akan segera kami tindaklanjuti," katanya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat Pemkab Cianjur, sebagai kabupaten induk, akan membangun sejumlah fasilitas penunjang di pusat kabupaten baru sebagai persyaratan, sehingga saat rekomendasi keluar Pemkab Cianjur Selatan sudah dapat langsung berjalan.

"Berbagai sarana dan prasarana penunjang terbentuknya kabupaten baru di Cianjur, kami akan bangun di tahun depan, sehingga saat pemekaran di sahkan, pemerintah sudah dapat langsung berjalan. Harapan kami doa seluruh warga selatan dapat segera terkabul memiliki kabupaten mandiri," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA